Supermarket Harus Sediakan Pecahan Uang Kecil

Bagikan Bagikan


Deputi BI Bid. Perekonomian Papua, Fauzan
SAPA(TIMIKA) – Deputi Bank Indoneisa (BI) Bidang Perekonomian Provinsi Papua, Fauzan mengatakan, supermarket harus menyediakan pecahan uang kecil atau pecahan uang logam. Agar saat pengembalian kepada pembeli tidak lagi menggunakan permen tetapi berupa uang koin. 

"Dalam kegiatan kas keliling BI sudah menyediakan pecahan uang logam maupun uang kertas untuk ditukarkan. Semua uang pecahan kita sudah distribusi ke semua daerah sehingga supermarket harus mempunyai uang koin," kata Fauzan kepada Salam Papua di Jalan Cendrawasih, belum lama ini. 

Fenomena pengembalian pecahan uang coin berupa permen dari toko atau supermarket, tidak terjadi hanya di Timika tetapi juga terjadi di daerah lain di Indonesia. Bahkan masyarakat lebih gemar memegang uang kertas dari pada uang logam. Karena ketika hendak berbelanja kembali supermarket atau toko tidak menerima uang coin.

"Prakter seperti ini sama juga didaerah lain mereka mengembalikan dengan pecahan permen yang mestinya harus siapkan uang logam dan menerima orang yang berbelanja menggunakan uang coin sebab dalam bertransaksi tentu kita membutuhkan uang kecil untuk pengembalian," katanya. 

Untuk itu kedepan dia berharap agar pihak Bank untuk lebih memberikan edukasi kepada masyarkat tentang penggunaan uang pecahan logam. Dan kita  harapkan tidak lagi pengembalian berupa permen. (Albin) 
Bagikan ke Google Plus Bagikan ke WhatsApp

0 komentar:

Post a Comment