Tidak Berpihak, Ketua KPUD Mimika Buat Surat Pernyataan

Bagikan Bagikan
Ketua KPU Mimika, Theodora O Magal

SAPA (TIMIKA) - Theodora Ocepina Magal selaku Ketua KPUD Mimika menegaskan tidak berpihak kepada salah satu bakal calon (Balon) dalam Pemilihan Umum Kepala Daerah (Pemilukada) serentak 2018 mendatang. Dengan begitu, Ocepina membuat surat pernyataan yang menyebutkan ketidak-berpihakan dirinya dalam agenda politik tersebut.

Sebagai bukti ketidak-berpihakan, Ocepina membuat surat peryataan yang ditempel materai 6000 dan dibubuhi tandatangan diatasnya. Surat pernyataan itu telah dibuat sebagai bukti dan untuk mempertegas penilaian masyarakat bahwa sebagai Ketua KPUD Mimika dirinya tidak netral. Penilaian, kata dia, karena ada balon perseorangan merupakan saudara kandungnya.

“Memang benar saya memiliki hubungan kekeluargaan (adik kandung-Red) dari Hans Magal yang merupakan balon bupati Kabupaten Mimika tahun 2018,” katanya saat ditemui di gedung Multy Purpose and Community Centre (MPCC), Jalan Cendarawasih, Lorong Hadelisari Timika, Selasa (5/12).
 
Surat Pernyataan Ketua KPU Mimika
Adanya hubungan kekerabatan tersebut, Ocepina menyatakan tidak akan berpihak kepada salah satu balon maupun pasangan calon (Paslon). Ia akan menjalankan tugas dan tanggung jawab sebagai ketua merangkap anggota KPUD Mimika dengan 14 asas yang ada, yaitu mandiri, jujur, adil, kepastian hukum, tertib, kepentingan umum, proporsionalitas, akuntabilitas, keterbukaan, profesionalitas, efisiensi, efektivitas, dan aksesibilitas.

“Saya akan menjalankan tugas pokok dan tanggungjawab sebagai Ketua KPUD Mimika dengan menjunjung tinggi 14 asas yang ada,” tegasnya.

Seharusnya, kata dia, surat peryataan itu akan dibaca pada saat peluncuran Pemilukada serentak. Namun karena belum diluncurkan maka dirinya merasa perlu untuk disampaikan saat ini kepada semua pihak agar dapat diketahui.

Secara aturan, yang tidak bisa adalah adanya ikatan perkawinan. Jika hanya hubungan darah, didalam Undang-undang hal itu tidak dilarang, dalam hal ini tidak ada pasal yang mengaturnya.

“Saya  sudah koordinasi dengan KPU Provinsi, sesuai dengan petunjuk dan arahannya agar dibuat surat pernyataan dan akan disampaikan nantinya,” ujarnya. (Tomy)
Bagikan ke Google Plus Bagikan ke WhatsApp

0 komentar:

Post a Comment