Tim EKA Kopertis XIV Datangi Empat PT Terakui di Mimika

Bagikan Bagikan

SAPA (TIMIKA) – Tim evaluasi kinerja akademik (EKA) Koordinasi Perguruan Tinggi Swasta wilayah XIV (Kopertis XIV) Papua dan Papua Barat mendatangi empat perguruan tinggi swasta (PTS) yang terakui di Kabupaten Mimika pada tanggal 4-6 Desember 2017. Disebut terakui karena empat PTS tersebut tercatat di Pangkalan Data Pendidikan Tinggi (PD Dikti). 
Tim EKA Kopertis Wilayah XIV Papua-Papua Barat ketika mengunjungi STKIP Hermon Timika
Empat PTS di Kabupaten Mimika yang dimaksud adalah Universitas Timika (UTI), Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan (STKIP) Hermon, Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi (STIE) Jembatan Bulan, dan Politeknik (Poltek) Amamapare.

Tim EKA yang ditugaskan Koordinator Kopertis XIV itu bermaksud untuk menjalankan Pengawasan, Pengendalian dan Pembinaan (Wasdalbin) ke empat PTS terakui di Kabupaten Mimika. Adapun personil dari Tim EKA tersebut adalah Dr. Moch. Yamin Noch, S.E M.SA (Tim EKA Kopertis XIV), Ir. Simon Hanok Nenepath,M.Si (Tim EKA Kopertis XIV), Jane Sherly Wambrauw,S.Pd (Kepala Seksi Akademik dan Kemahasiswaan Kopertis XIV), dan  Merlie Anita,S.Kom (Analis Pelaksana Akademik dan Kemahasiswaan Kopertis XIV).

Salah satu dari TIM EKA Kopertis XIV, Ir. Simon Hanok Nenepath,M.Si mengatakan, kedatangan Tim EKA Kopertis XIV untuk mengetahui pelaksanaan pendidikan pada keempat PTS di Kabupaten Mimika apakah sudah sesuai dengan ketentuan Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Kemenristek Dikti) atau belum. Jika ada yang masih kurang disarankan untuk dilengkapi dan yang sudah memenuhi syarat diberi apresiasi serta dimotivasi untuk terus dikembangkan.

“Kami datang untuk melihat apakah keempat PTS di Kabupaten Mimika sudah sesuai dengan ketentuan Kemenristek Dikti. Yang masih kurang kami sarankan untuk dilengkapi, dan yang sudah baik kami beri apresiasi,” katanya saat diwawancarai Salam Papua di sela-sela kunjungan ke STKIP Hermon Timika, Selasa (5/12).

Dia juga mengungkapkan, Tim EKA Kopertis XIV ini diibaratkan seperti polisi bagi PTS di wilayah Papua dan Papua Barat. Maksudnya, tim ini berwenang untuk merekomendasikan pembekuan atau bahkan penutupan bagi PTS yang belum memenuhi syarat Kemenristek Dikti. Untuk itu, setiap PTS yang didatangi diharapkan memaparkan informasi keberadaan PTS sesuai fakta yang ada. Dan jika ada faktor-faktor tertentu pada PTS tersebut yang belum memenuhi syarat, tim memberikan berbagai masukan untuk nantinya hal-hal tersebut bisa segera dipenuhi supaya pada akhirnya tidak direkomendasikan untuk dibekukan atau bahkan ditutup.

“Tim ini bagaikan polisi. Kami berhak merekomendasikan PTS yang tidak memenuhi syarat untuk dibekukan atau bahkan ditutup. Untuk itu, kedatangan kami juga bermaksud untuk member masukan-masukan berharga bagi keberlanjutan sebuah PTS,” ungkapnya.

Dr. Moch. Yamin Noch, S.E M.SA sebagai salah satu personil Tim EKA yang datang juga memberikan penegasan informasi terkait adanya perubahan nomenklatur program studi (Prodi) Pendidikan Tinggi oleh Kemenristek Dikti pada sekitar dua bulan yang lalu. Dia menyampaikan, jika ada Prodi di sebuah PTS yang nomenklaturnya tidak sesuai dengan perubahan tersebut akan berdampak pada tidak diakuinya lulusan dari sebuah Perguruan Tinggi termaksud.

“Pada sekitar bulan Oktober yang lalu, Kopertis XIV telah menyurati setiap PTS di wilayah Papua dan Papua Barat untuk menyesuaikan dan mengubah nomenklatur Prodinya berdasarkan perubahan yang telah ditetapkan oleh Kemenristek Dikti. Jika ada Prodi yang nomenklaturnya tidak ada pada daftar perubahan nomenklatur Kemenristek Dikti, maka lulusannya tidak akan diakui,” tegasnya.

Ketua STKIP Hermon Timika, Yulian Solossa,S.Sos,M.Si, dimana sekolah di bawah kepemimpinannya yang menjadi salah satu PTS yang dituju Tim EKA Kopertis XIV mengatakan, sangat mengapresiasi dan berterima kasih atas kedatangan Tim EKA Kopertis XIV. Kedatangan tim tersebut telah memberikan masukan berharga dan memotivasi setiap PTS yang terakui di Kabupaten Mimika untuk memperkuat serta mengembangkan kinerja akademik dan segala sesuatu yang terkandung di dalamnya.


“Saya selaku Ketua STKIP Hermon berterima kasih atas kunjungan Tim EKA Kopertis XIV. Kedatangan tim ini telah memberikan masukan-masukan penting dan memotivasi pendidikan tinggi di Kabupaten Mimika untuk semakin kuat dan berkembang,” katanya. (Jimmy Rungkat)
Bagikan ke Google Plus Bagikan ke WhatsApp

0 komentar:

Post a Comment