Bandara Mozes Kilangin Tingkatkan Keselamatan Barang

Bagikan Bagikan

Kepala Bandara Mozes Kilangin Timika, Subagiyo Hadidjan.


SAPA (TIMIKA) – Menindak lanjuti imbauan Menteri Perhubungan (Menhub) RI, Budi Karya Sumadi terkait keselamatan penumpang dan barang bawaan penumpang di setiap Bandar Udara se Indonesia, tahun 2018 Bandar Udara (Bandara) Internasional Mozes Kilangin berkomitmen untuk memperketat pendataan barang sesuai dengan identitas calon penumpang, baik yang hendak melakukan penerbangan ke luar juga yang akan balik ke Timika.

Selain dikarenakan adanya penekanan terkait mutu pelayanan oleh Kemenhub, antisipasi dan perketat pendataan barang bawaan penumpang, juga dikarenakan adanya pengalaman yang sering terjadi di beberapa Bandara lain di Indonesia. Dimana para penumpang sering mengadu adanya barang yang tertukar dan hilang.

“Memang di Indonesia sudah sering terjadi complain oleh penumpang setelah barangnya tertukar atau hilang. Itu memang tanggung jawab kami untuk memperhatikan hal itu sebaik-baiknya,” ungkap Kepala Bandar Udara Mozes Kilangin, Subagiyo H. saat ditemui Salam Papua di  ruang kerjanya, Jumat (5/1).

Prosedur keselamatan barang bawaan penumpang menurut dia, dimulai dengan pencatatan dan pemasangan label barang serta jumlah barang (bagasi).

“Antisipasi hal seperti itu kita upayakan pendataan barang bawaan penumpang seakurat mungkin. Kan data yang kami buat dari sini akan dikirim ke Bandara Uadara Hasanuddin Makassar. Nanti di Makassar akan dicek ulang ketika penumpang telah tiba. Dan dipastikan juga ke masing-masing penumpang ketika mengambil bagasinya,” ujarnya.

Dalam dunia penerbangan menurut dia, setiap barang sekecil apa pun akan selalu diperhatikan. Namun, secara manusiawi diakuinya setiap pekerjaan pasti akan mengalami kekeliruan. Hal tersebut bukan hanya terjadi di Indonesia, akan tetapi sering terjadi di negara-negara lain di dunia.

“Tapi untuk di Bandara kita selama ini belum pernah terjadi. Kalau pun terjadi, tetap akan diusahakan untuk ditemukan kembali, yang penting pernyataan penumpang benar dan tidak mengada-ada,” tuturnya. (Acik)
Bagikan ke Google Plus Bagikan ke WhatsApp

0 komentar:

Post a Comment