Cakupan IDL di Puskesmas Timika Tergolong Aman

Bagikan Bagikan
Puskesmas Timika
SAPA (TIMIKA) – Terhitung sejak tahun 2014 lalu hingga kini, cakupan Imunisasi Dasar Lengkap (IDL) di Puskesmas Timika mencapai 86 persen. Berdasarkan luasan wilayah pelayanan Puskesmas Timika, capaian 86 persen merupakan cakupan yang tergolong aman.

 “Cakupan imunisasi kami disini sudah sangat aman kalau di tinjau dari luas wilayah pelayanan. Saat ini kami hanya berusaha memperolah angka 14 persen untuk mencapai target 100 persen,” kata Kepala Puskesmas Timika, Maria Yosinta Rahangiar saat diwawancara awak media pada Jumat (26/1).

Puskesmas Timika, kata Maria, terus berkomitmen bisa mencapai target jika dilihat dari rentang waktu pencapaian yang telah ditentukan selama 5 tahun. Dengan demikian, selain melayani imunisasi di puskesmas, juga dilakukan kunjungan ke setiap kampung dalam lingkup pelayanan Puskesmas Timika.

“Kita bukan hanya melayani di puskesmas saja, tapi kita akan lebih gencar untuk turkam (turun kampung). Karena itu, saya merasa sampai 2019 nanti kita sudah capai 100 persen,” katanya optimis.

Selain itu, untuk meningkatkan pelayanan kepada masyarakat, tahun ini juga Puskesmas Timika akan membenahi kelengkapan peralatan pada ruang laboratorium dengan menambah peralatan khusus pemeriksaan darah lengkap. Meski demikian, diakuinya, peralatan khusus bagian laboratorium Puskesmas Timika juga tergolong memadai untuk pemeriksaan dan mendeteksi 10 penyakit menonjol, seperti malaria, ispa dan beberapa penyakit lainnya. Tetapi akan merasa lebih lengkap jika peralatan khusus pemeriksaan darah lengkap juga tersedia.

Selanjutnya, jika sebelumnya penanganan laboratorium dilakukan kerjasama antara Puskesmas Timika dengan PT Freeport Indonesia (PTFI) melalui Public Healt Malaria Control (PHMC), namun berdasarkan aturan, saat ini PHMC harus berada dibawah Puskesmas Timika.

“Untuk fasilitas layanan umum, kita disini sangat mencukupi untuk di pergunakan dalam pusat pelayanan tingkat puskesmas. Tapi, kami butuh tambahan satu alat khusus untuk pemeriksaan daragh lengkap,” tuturnya. (Acik)
Bagikan ke Google Plus Bagikan ke WhatsApp

0 komentar:

Post a Comment