Enam Balon Perseorangan Belum Memenuhi Syarat

Bagikan Bagikan


Ketua KPUD Mimika, Theodora Ocepina Magal.


SAPA (TIMIKA) - Ketua Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Mimika, Theodora Ocepina Magal mengatakan, berdasarkan hasil Rapat Pleno Terbuka Rekapitulasi Hasil Verifikasi Faktual Dukungan Bakal Pasangan Calon Perseorangan Tingkat Kabupaten Mimika, jumlah pendukung enam bakal calon (balon) bupati dan wakil bupati dari jalur perseorangan pada Pilkada serentak 2018, belum memenuhi syarat.

Menurut Ocepina, salah satu syarat yang harus dipenuhi adalah kepemilikan KTP elektronik.

“Setelah kita mendengar laporan dan dikaji memang masih belum memenuhi syarat. Kita berharap itu semua harus terpenuhi terdahulu supaya bisa maju ke Pilkada 2018,” ujarnya saat diwawancarai usai pelaksanaan Rapat Pleno Terbuka di Aula Hotel Grand Tembaga, Minggu (7/1).

Ada pun hasil Rekapitulasi Hasil Verifikasi Faktual Dukungan Bakal Pasangan Calon Perseorangan Tingkat Kabupaten Mimika, pasangan Hans Magal–Abdul Muis memperoleh dukungan 18.761, pasangan Robertus Waropea–Albert Bolang memperoleh 14.552, pasangan Maria Kotorok–Yustus Way memperoleh 13.121, pasangan Petrus Yanwarin- Alpius Edoway memperoleh 14.139, pasangan Philipus Wakerwa–H Basri memperoleh 3.639, dan pasangan Mus Pigai–Allo Rafra memperoleh 13.214.

Jumlah tersebut masih jauh dari jumlah yang ditentukan oleh KPUD Mimika, yakni sebesar 22.273. Dimana jumlah tersebut 10 persen dari daftar pemilih tetap (DPT) Kabupaten Mimika pada Pileg 2014 sebesar 222.721.

“Kita sudah dengar bersama hasilnya. Masih ada perbaikan terhadap jumlah  supaya bisa mencapai yang ditentukan,” ujarnya.

Ia menuturkan, jangka waktu perbaikan bagi enam balon ini hingga 12 Februari 2018. Sebab kekurangan tersebut akan digandakan. Dengan demikian, jika telah diperbaiki dan melalui rekapitulasi ulang menunjukan pencapaian target, maka akan dinyatakan lolos dan siap ditetapkan sebagai calon yang maju pada Pilkada 2018.

Meski belum memenuhi syarat, kata Ocepina, enam balon ini bisa melakukan pendaftaran. Sebab enam balon tersebut telah menerima BA7-KWK (Perseorangan Rekapitulasi Dukungan Bakal Pasangan Calon Perseorangan Dalam Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur/Bupati dan Wakil Bupati/Walikota dan Wakil Walikota di Tingkat Kabupaten/Kota), sebagai dasar mereka untuk mendaftar. Dimana pendaftaran sendiri pada 8-10 Januari 2017.  (Acik)
Bagikan ke Google Plus Bagikan ke WhatsApp

0 komentar:

Post a Comment