Jumlah Warga 7 Suku di Mimika Capai 45.568 Jiwa

Bagikan Bagikan
Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Discapil) Kabupaten Mimika,  Jhon Wicklif Tegay
SAPA (TIMIKA) -  Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Discapil) Kabupaten Mimika melaporkan, berdasarkan data yang di-input  secara manual, dan terhimpun  bulan Desember 2017 lalu jumlah warga 7 suku yang hidup di Mimika hingga saat ini mencapai 45.568 Jiwa. Dengan demikian pendataan warga 7 suku wajib data penduduk yang dilakukan oleh Discapil telah mencapai 75 persen.

Kadiscapil Mimika, Jhon Wicklif Tegay mengatakan, pendataan ini dilakukan melalui aplikasi Sistim Informasi dan Administrasi Kependudukan (SIAK).

“Seperti marga Omaleng sudah terhimpun sebanyak tiga ratus tiga belas jiwa. Begitu juga dengan marga lain secara pasti sudah terdata dalam jumlah 45.568 tersebut. Dan sampai saat ini, data  jumlah warga tujuh suku di Mimika telah mencapai tujuh pulu lima persen,” ungkap Jhon saat diwawancarai di ruang kerjanya, Senin (29/1).

Sedangkan untuk data Orang Asli Papua (OAP), ia mengatakan, aplikasi untuk pendataan OAP telah tuntas dilakukan, dimana semua marga OAP telah masuk dalam aplikasi. Akan tetapi  menyandingkan aplikasi OAP dan SIAK Discapil akan dilakukan tahun 2018 dan akan didahului dengan koordinasi berasama konsultan IT.

Ia menjelaskan, jika aplikasi OAP telah disandingkan dengan SIAK, maka secara otomatis server data Mimika dan server data OAP akan menyortir semua data berdasarkan marga. Ia juga mengatakan, dengan adanya aplikasi khusus pendataan OAP, maka tidak lagi dilakukan pendataan secara manual dengan sisitim face to face  dan dilakukan dari kempung ke kampung.

“Karena penyandingan Data OAP dan SIAK  Discapil belum bisa dilakukan, maka otomatis kita hanya melakukan input atau update data secara manual. Jadi sejak Desember kita sudah lakukan tapi kita masih fokus kepada data 7 suku,” katanya. (Acik)
Bagikan ke Google Plus Bagikan ke WhatsApp

0 komentar:

Post a Comment