Kenaikan Harga Beras Belum Berdampak di Timika

Bagikan Bagikan
Kepala Kantor Seksi Logistil (Kansilog) Timika, Sulaimi 
SAPA (TIMIKA) - Kenaikan harga beras terutama beras medium secara nasional beberapa hari terakhir ini belum berdampak di Kota Timika. Diharapkan tidak sampai berdampak di Papua pada umumnya. Meski bukan daerah penghasil, harga beras di Kota Timika tetap stabil.

Guna meredam gejolak harga beras, operasi pasar telah dijalankan oleh pemerintah melalui Perusahaan Umum Badan Urusan Logistik (Perum Bulog) Timika.

“Memang secara nasional harga beras naik tapi untuk Timika kenaikan harga beras tidak terlalu berdampak jadi sekarang masih stabil saja. Harga beras perkilonya masih dengan harga Rp9.000 dan itu masih stabil saja, bahkan kami sampai buat operasi pasar dibeberapa titik,”tutur Kepala Kantor Seksi Logistil (Kansilog) Timika, Sulaimi saat ditemui Salam Papua di ruang kerjanya,
Senin (29/1).

Jadi, untuk antisipasi awal yang dilakukan pihak Bulog adalah melaksanakan operasi pasar yang sudah dimulai sejak awal tahun sampai waktu yang belum ditentukan oleh pemerintah. Titik-titik operasi pasar adalah di pasar gorong-gorong, pasar eks swadara, pasar sentral, SP-SP dan lain sebagainya.

Pelaksanaan operasi pasar ini, kata Sulaimi, pihaknya telah bekerjasama dengan Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kabupaten Mimika sebagai pengawasan harga sembako.

“Dapat dipastikan di Timika atau Papua seluruhnya tidak akan terjadi gejolak harga yang signifikan, paling naik kisaran lima ribu atau sepuluh ribu dan untuk kalangan Timika itu tidak signifikan naik,”kata Sulaimi.

Sementara, penanggungjawab distributor  Rani ditempat terpisah, mengaku ada kenaikan harga beras tetapi sampai saat ini tidak ada keluhan dari masyrakat terkait kenaikan harga beras ini, jadi dapat dikatakan sejauh ini harga beras masih normal.

“Memang harga beras nai, untuk ukuran 15 kilo saja dari harga Rp225 ribu menjadi Rp230 ribu,”tutur Rani.

Menurutnya, meskipun harga diperkirakan naik namun dapat dipastikan persediaan barang dikalangan distributor saat ini aman. Bahkan dalam waktu dekat pasokan sembako akan masuk ke Timika dalam jumlah besar, seperti tepung, gula, beras dan air mineral juga. (Ervi Ruban)
Bagikan ke Google Plus Bagikan ke WhatsApp

0 komentar:

Post a Comment