KPUD Mimika Lakukan Verifikasi Faktual Pengurus Parpol

Bagikan Bagikan

Komisioner KPUD Mimika divisi Sumber Daya Manusia (SDM),
Yoe Louis Rumakewi
SAPA (TIMIKA) - Komisioner KPUD Mimika divisi Sumber Daya Manusia (SDM), Yoe Louis Rumakewi mengatakan, pihaknya akan melakukan verifikasi faktual terhadap pengurus dan anggota partai politik (Parpol) yang terdaftar di KPUD Mimika. Hal tersebut dilakukan untuk mengetahui susunan pengurus dan anggota yang ada pada setiap parpol.

"Jadwal kami besok (Hari ini-Red)  tanggal 30 dan 31 harus melakukan verifikasi kepengurusan dan anggota parpol yang lama. Sekarang mereka kami undang untuk mensosialisasikan kepada mereka agar bisa mempersiapkan persyaratan," kata Louis saat ditemui di Kantor KPUD Mimika, Jalan Yos Sudarso, Senin (29/1).

Sosialisasi yang diberikan pada perwakilan setiap parpol agar disaat KPUD Mimika mendatangi masing-masing sekretariat parpol, para pengurus sudah lengkap dan siap di verifikasi.

"Pertama, kita sudah sampaikan untuk mempersiapkan pengurus dan anggota yang akan di verifikasi. Setelah itu, besok, pengurus dan anggota parpol tersebut harus hadir di masing-masing sekretariat kemudian kami mendatangi untuk melakukan verifikasi," ujarnya.

Verifikasi faktual parpol dilakukan untuk memastikan adanya kepengurusan parpol dan anggota yang terdaftar, apakah sudah sesuai atau tidak.

"Kita memastikan kepengurusannya mulai dari ketua, sekretaris dan bendahara itu lengkap atau tidak. Selanjutnya kita memastikan keanggotaan dari masing-masing parpol sesuai dengan aplikasi sipol atau tidak," jelasnya.

Ia menambahan, verifikasi yang dilakukan akan menentukan status parpol yang ada. Kendati demikian, ia mengimbau agar seluruh parpol yang ada bisa mengikuti proses verifikasi yang hanya dilakukan selama dua hari.

"Jika kepengurusan sudah lengkap kami taruh memenuhi syarat (MS). Jika belum lengkap, misalkan ketua berhalangan hadir, kita taruh belum memenuhi syarat (BMS) . Harusnya teman-teman sudah siap sehingga verifikasi berjalan dengan lancar," ujarnya. (Salma)
Bagikan ke Google Plus Bagikan ke WhatsApp

0 komentar:

Post a Comment