Lima Cluster di Mimika Siap Hadapi PON XX

Bagikan Bagikan

Ketua Bidang Organisasi KONI Mimika, Agus Hugo Krey

SAPA (TIMIKA)  - Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Mimika menyampaikan bahwa Mimika menyiapkan lima cluster cabang olahraga. Lima cluster tersebut dikatakan siap untuk menghadapi PON XX Tahun 2020 di Papua, yang mana Mimika sebagai salah satu tuan rumah.

“Untuk Mimika hanya ada lima cluster yang akan ikut PON XX tahun 2020 nanti, yakni cluster basket, bola kaki, golf, atletik dan futsal,” kata Ketua Bidang Organisasi KONI Mimika, Agus Hugo Krey saat ditemui Salam Papua, Jumat (12/1).

Meski saat ini fasilitas cluster yang ada di Mimika baru atletik dan golf, namun pada tahun ini Pemkab Mimika dan PT Freeport Indonesia (PTFI) berencana membangun stadion bola kaki dan futsal.

“Rencananya fasilitas bola kaki dan futsal akan dibangun tahun ini oleh Pemda dan Freeport, hanya saja lokasinya dan kapan pastinya mulai dibangun, kami belum tahu. Kami baru dapat informasi begitu,” tuturnya.

Sementara untuk cluster basket, dapat dilakukan di Mimika Sport Complex (MSC), karena untuk cabang basket bisa bermain indoor.

Untuk pembinaan, selama ini ditangani oleh PB PON Mimika, yang mana PB PON Mimika telah dibentuk sejak tahun lalu. Bahkan saat ini juga PB PON sudah mulai merekrut dan membina atlet-atlet untuk persiapan mewakili Papua dalam menghadapi PON XX nanti.

Mimika dipercayakan menjadi tua rumah, sehingga sebagai tuan rumah harus bisa terlibat dalam kegiatan-kegiatan yang akan mendukung Sub PB PON yang sudah dibentuk.

“Soal atlet dan sarana prasarana, serta untuk penyelenggaraan PON, menjadi tanggungjawab Pemda Mimika dan Pemerintah Pusat melalui dana APBD dan APBN. Karena merupakan event nasional,” terangnya. (Ervi Ruban)
Bagikan ke Google Plus Bagikan ke WhatsApp

0 komentar:

Post a Comment