Nelayan Diminta Waspada, Ketinggian Ombak di Perairan Mimika Capai 2,25 Meter

Bagikan Bagikan

Ilutrasi - Aktifitas nelayan di wilayah pesisir. (Foto- Saldi)


SAPA (TIMIKA) - Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Kabupaten Mimika menyampaikan, para nelayan perlu untuk selalu waspada terhadap ketinggian ombak yang ada diperairan Mimika, yang mana tingginya saat ini bisa mencapai 2,25 meter.

Forecaster atau prakirawan pada BMKG Mimika, Dwi Christianto, saat ditemui Salam Papua di Kantor BMKG Mimika, Kompleks Bandara Mozes Kilangin Timika, Selasa (2/1), mengaku pertumbuhan awan konvektif atau awan yang menghasilkan guntur dan hujan tumbuh secara signifikan, khususnya di bagian selatan Mimika. Awan ini terjadi terutama di waktu dini hari hingga pagi dan bertahan sampai dengan pukul 10 siang. Menurutnya, fenomena ini bisa terjadi hingga bulan Maret mendatang.

"Jadi pertumbuhan awan konvektif itu kalau siang, hingga dini hari tumbuh di utara, itu di bagian Kuala Kencana, Tembagapura turun ke Timika. Tetapi kalau dini hari sampai jam 10 pagi, awan konvektif itu tumbuh di bagian selatan atau di perairan," ujarnya.

Dengan adanya kondisi cuaca seperti itu, cukup mempengaruhi tinggi gelombang di perairan bagian selatan Mimika, dan terpantau tinggi gelombang mulai 1,22 meter sampai dengan 2,25 meter.

Menurut dia, ketinggian gelombang seperti itu cukup berbahaya bagi kapal yang tidak sesuai dengan kondisi perairan laut. Untuk itu, dirinya mengimbau para nelayan yang menggunakan kapal kecil agar berhati-hati dalam melakukan aktifitas pelayaran di sekitaran perairan Mimika.

"Kalau berbahaya, mungkin untuk kapal kecil. Kalau sudah sesuai dengan kapasitas, saya rasa tidak ada masalah," katanya.

Kondisi cuaca Kabupaten Mimika, kata dia, memang unik. Hal itu dikarenakan awan konvektif selalu tumbuh, baik di bagian utara atau pegunungan di waktu pagi hingga malam. Kemudian pada dini hari hingga pagi awan konvektif berada di bagian selatan atau perairan Mimika.

"Kondisi cuaca Mimika ini unik, dan menurut saya tidak terlepas dari cuaca buruk," katanya. (Salma)
Bagikan ke Google Plus Bagikan ke WhatsApp

0 komentar:

Post a Comment