Panwaslu Rekomendasikan PPD Miru Rekapitulasi Ulang

Bagikan Bagikan

Ketua Panwaslu Mimika, Johanes Wato.


SAPA (TIMIKA) - Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) Kabupaten Mimika merekomendasikan kepada Panitia Pemilihan Distrik (PPD) Mimika Baru (Miru) untuk melakukan rekapitulasi ulang terhadap dukungan pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati Mimika yang akan maju pada Pilkada serentak Juni mendatang.

Rekomendasi ini disampaikan sebagai tanggapan terhadap laporan beberapa pasangan bakal calon Bupati dan Wakil Bupati yang tidak menerima hasil verifikasi faktual PPD Miru yang telah dilakukan pada 4 Januari 2017 lalu.

"Hasilnya setelah kami lakukan kajian, maka kami mengeluarkan rekomendasi yang menyebutkan PPD Miru harus melakukan rekapitulasi ulang," kata Ketua Panwaslu Kabupaten Mimika, Johanes Wato, saat dihubungi wartawan Salam Papua melalui telepon, Jumat (12/1).

Johanes mengatakan, alasan dikeluarkannya rekomendasi rekapitulasi ulang adalah dikarenakan lima pasangan balon merasa kurang puas karena proses dianggap kurang sesuai aturan. Contohnya PPD Miru tidak memiliki formulir BA.6-KWK, sehingga memakai kertas saja dengan alasan Kantor KPU Mimika saat itu sudah tutup dan tidak mendapatkan formulir BA.6-KWK.

Selain itu, jelas Johanes, jumlah yang diberikan kepada lima bakal pasangan calon ini berbeda dengan hasil rekapan yang dibuat. Sehingga lima pasangan calon ini merasa ada yang salah dengan banyaknya tipex dan perubahan yang terjadi.

"Kan ada hitungan, ada kegandaan tidak memenuhi syarat dan memenuhi syarat berapa banyak, ada banyak tipex dan perubahan sehingga lima bakal pasangan calon ini, merasa ada yang salah dari proses yang dilakukan PPD Miru," ujarnya.

Ia mengatakan, pihaknya sudah memberikan surat kepada KPUD Mimika terkait dengan rekomendasi yang telah dibuat dan akan disampaikan kepada PPD Miru, untuk segera melakukan hal tersebut sehingga tidak menggangu tahapan yang telah berjalan.

"Saya sudah berikan surat ke KPU Mimika, dan berikan waktu dua hari, dan KPUD menyampaikan esok PPD Miru akan melakukan hal tersebut," katanya.

Hasil rekomendasi tersebut setelah adanya proses klarifikasi yang dilakukan oleh pihak Panwas dengan PPD Miru sebagai terlapor, dengan tim dari lima pasangan calon yang melapor serta saksi. (Salma)
Bagikan ke Google Plus Bagikan ke WhatsApp

0 komentar:

Post a Comment