Pemkab Mimika Perpanjang MoU dengan BPJS Kesehatan

Bagikan Bagikan

Penandatanganan MoU.


SAPA (TIMIKA) – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Mimika memperpanjang kerja sama dengan Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan, terkait Kartu Indonesia Sehat (KIS) yang ditujukan untuk masyarakat dalam mempermudah Pelayanan Kesehatan (Yankes). Perpanjangan kerja sama ditandai dengan penandatanganan MoU.

Terkait hal ini Bupati Mimika Eltinus Omaleng, SE., MH mengatakan, KIS dibuat teruntuk masyarakat seluruh Indonesia termasuk masyarakat Mimika untuk bisa mendapatkan jaminan kesehatan. Kedepan kartu KIS akan dibuat dalam jumlah yang banyak, untuk bisa didistribusikan ke seluruh masyarakat Kabupaten Mimika. Hal ini agar meringankan biaya pengobatan yang mahal.

"Kalau sudah ada KIS berarti masyarakat langsung saja ke RSUD atau rumah sakit lain untuk berobat. Nanti bayarannya itu akan disalurkan langsung ke rekening BPJS oleh Pemkab Mimika," kata Eltinus usai menandatangi MoU dengan BPJS di bilangan Jalan Hasanuddin, Selasa (16/1).

Sementara itu ditempat yang sama Kepala BPJS Kesehatan Timika, Susan Gaspersz mengatakan perpanjangan kerja sama dengan Pemkab Mimika ini dari tahun 2017 ke 2018. Tujuannya untuk merangkul seluruh masyarakat Mimika dalam kepemilikan KIS. Sehingga masyarakat tidak terbebani dengan biaya pengobatan ketika sakit.

"Hari ini (Kemarin-Red) kita melakukan penandatanganan dengan Pemkab Mimika terkait dengan jaminan kesehatan daerah untuk perpanjangan tahun 2017 ke 2018," kata Susan.

Dia mengungkapkan, jumlah perpanjangan Jamkesda sebesar 3.227 ribu jiwa. Kendati jumlah peserta sekitar 3000 lebih, tidak menutup kemungkinan kepada warga lainnya yang sudah terdaftar di BPJS agar bisa mengambil kartunya dan bisa dipergunakan untuk berobat.

"Untuk Jamkesda perpanjangan itu ada 3.227 jiwa dan sesuai dengan apa yang disampaikan Pak Bupati apabila namaNya sudah ada di dalam sistem kami bisa keluarkan kartunya peserta tersebut bisa menggunakan kartu tersebut untuk berobat," ungkapnya. (Acik)
Bagikan ke Google Plus Bagikan ke WhatsApp

0 komentar:

Post a Comment