Peraturan Tentang Sampah Akan Disertai Sanksi

Bagikan Bagikan

Ilustrasi - Sampah berserakan didepan KPAD Timika Indah.


SAPA (TIMIKA) - Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Mimika, Limi Mokodompit menegaskan, pihaknya akan memperketat penanganan sampah yang selama ini dinilai masih kurang baik. Jika sebelumnya peraturan pemerintah tidak diindahkan oleh masyarakat, selanjutnya setiap peraturan akan disertakan dengan sanksi.

Limi mengakui, Peraturan Daerah (Perda) tentang sampah nomor 11 tahun 2012, telah menegaskan kepada masyarakat bahwa setiap sampah yang dihasilkan harus dikemas rapi dan dibuang pada tempat dan waktu yang telah ditentukan pada setiap wilayahnya. Terkait hal itu, masyarakat pun telah diingatkan untuk tidak membuang sampah diatas jam yang telah ditentukan dalam peraturan, namun masih saja terjadi pelanggaran. Karena itu, tuntutan pelanggaran bagi masyarakat pun harus dilakukan.

“Saya minta semua pihak di lingkup Pemkab Mimika sama-sama mendukung peraturan yang telah kita buat bersama. Karena percuma kita buatkan peraturan kalau tidak ditegakkan,” katanya saat menghadiri pertemuan di Lantai 3 Kantor Pusat Pemerintahan (Puspem) Kabupaten Mimika, Rabu (17/1).

Menindaklanjuti penegasan pada Perda tersebut, DLH akan menyurati seluruh distrik untuk bersama-sama sosialisasikan Perda itu kepada masyarakat. Hal ini menurut dia, agar dapat mewujudkan Mimika yang bersih dan teratur.

Menanggapi hal tersebut, Sekretaris Daerah (Sekda) Mimika Ausilius You mengatakan, penanganan sampah merupakan tanggungjawab bersama, yang mana penangannanya bisa terwujud jika saling koordinasi. Selain itu, untuk mewujudkan penertiban sampah, menurut You, anggota Polisi Pamong Praja (Pol-PP) akan ditempatkan kembali di seluruh titik pembuangan sampah di Mimika.

“Kita harus berkomitmen tinggi dan benar-benar menjalankan apa yang telah kita buat bersama melalui Perda,” kata Sekda. (Acik)
Bagikan ke Google Plus Bagikan ke WhatsApp

0 komentar:

Post a Comment