Polsek Miktim Musnahkan Barang Bukti Miras Lokal Jenis Sopi

Bagikan Bagikan

Pemusnahan barang bukti minuman keras lokal jenis sopi.


SAPA (TIMIKA) - Kepolisian Sektor Mimika Timur (Polsek Miktim) melaksanakan giat pemusnahan barang bukti (BB) berupa minuman keras lokal jenis Sopi sebanyak 160 liter yang dikemas dalam 4 jerigen ukuran @20 liter di halaman Polsek dan disaksikan langsung oleh pihak Kejaksaan Negeri Kota Timika dengan pihak kuasa hukum tersangka, Rabu (10/1) siang.

Barang bukti minuman keras lokal jenis Sopi yang telah dimusnahkan oleh pihak Polsek Miktim merupakan barang bukti pada kasus yang melanggar undang-undang Nomor 8 Tahun 1999 tentang perlindungan konsumen dan pangan yang terjadi pada tanggal 25 Oktober 2017 di wilayah distrik Mimika Timur.

Pemusnahan barang bukti minuman keras lokal jenis Sopi tersebut dilakukan untuk kepentingan penyidikan tindak pidana penuntutan dan peradilan yang ada kaitannya langsung dengan tindak pidana yang telah terjadi karena barang bukti tersebut bersifat terlarang atau dilarang sehingga hal ini dilakukan.

Adapun dasar dilakukannya pemusnahan barang bukti minuman keras lokal jenis Sopi milik tersangka saudara HT adalah Laporan Polisi dengan nomor LP/30/X/2017/PAPUA/RES.MIMIKA/SEK.MIKTIM pada tanggal 25 Oktober 2017 dengan penetapan izin pemusnahan barang bukti dari pengadilan negeri kota Mimika nomor : 5/Pen.Ijin/2017/PN.Tim tertanggal 8 Desember 2017 dan surat perintah pemusnahan barang bukti dengan nomor : SP-Musnah/01/XII/2017/Reskrim tertanggal 30 Desember 2017.

"Tindakan pemusnahan BB yang kami ambil atas dasar yang jelas sehingga pelaksanaan pemusnahan minuman keras lokal jenis Sopi ini terlaksana, dan hal ini telah kami koordinasikan dengan pihak yang berkompeten," ungkap Kapolsek Miktim Iptu J Limbong, SH.

Pemusnahan barang bukti minuman keras lokal jenis Sopi dilakukan dengan cara dituang langsung di tanah dan selanjutnya untuk jerigen dilakukan pembakaran sehingga barang bukti benar-benar bersih. Namun sebagai barang bukti pada proses di pengadilan nantinya masih disisakan 1 jerigen berisi @20 liter dari total barang bukti sebanyak 180 liter.

Di akhir pemusnahan BB, langsung dilakukan penandatanganan berita acara pemusnahan BB oleh pihak penguasa barang dan pihak yang melakukan pemusnahan serta saksi-saksi. (Acik)
Bagikan ke Google Plus Bagikan ke WhatsApp

0 komentar:

Post a Comment