SMK Petra Mulai Pembekalan Siswa Ikut UKK

Bagikan Bagikan
Sebanyak 172 siswa Kelas III di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Petra Timika mulai mengikuti pembekalan. sebagai persiapan menghadapi pelaksanaan Ujian Kompetensi Kejuruan (UKK).
SAPA (TIMIKA) - Sebanyak 172 siswa Kelas III di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Petra Timika mulai mengikuti pembekalan. Pembekalan ini diberikan kepada siswa sebagai persiapan menghadapi pelaksanaan Ujian Kompetensi Kejuruan (UKK).

"Sekolah adakan pembekalan ini bukan hanya persiapan UKK, tetapi juga siswa persiapan untuk ujian sekolah berbasis nasional (USBN),  ujian sekolah (US) dan ujian nasional (UN)," kata Waka Kurikulum SMK Petra, Albertus Alto Mangdare, SE saat ditemui Salam Papua di sekolahnya, Senin (29/1).

Pembekalan dimulai saat sekarang dikarenakan pada akhir Februari UKK sudah dimulai. Dan pembekalan ini dilakukan oleh guru-guru yang dibagi dalam bentuk tim sesuai dengan jurusan yang ada. Sementara itu siswa pun dibagi dengan cara di kolaborasi, seperti misalnya jurusan administrasi perkantoran, untuk kelas 1 terdiri dari siswa yang memiliki pemahaman tinggi, kelas 2 pemahaman sedang dan kelas 3 pemahaman rendah. Di ambil 1 siswa dari masing-masing kelas yang ada dan digabung menjadi satu kelompok atau kelas pembekalan.

“Siswa di acak supaya tidak ada perbedaan antara siswa mampu dan kurang mampu. Karena selama ini proses belajar selalu diberikan sama untuk kelas mampu, sedang dan tidak mampu,” jelasnya.

Sekolah Pungut Biaya Ujian Sebesar Rp700.000
Sementara itu, ditanya menyangkut biaya ujian di SMK Petra, kata dia, sesuai rapat anggaran sekolah besaran biaya ujian sekitar Rp2 jutaan. Namun, hal ini kembali lagi dengan hasil rapat dewan guru bersama orang tua siswa, sehingga sekolah menanggung 70 persen dan 30 persennya orang tua siswa. Sehingga kesepakatan bersama diperoleh per siswa membayar biaya ujian sebesar Rp700.000.

"Dana tersebut untuk biayai UK, UNSK, USBN, UN juga kami tambahkan dari sekolah untuk peralatan, karena banyak computer yang eror sehingga harus diperbaiki. Kalau menyangkut penambahan tahun ini, akan ada penambahan sebanyak 15 unit komputer oleh sekolah," katanya. (Ervi Ruban)
Bagikan ke Google Plus Bagikan ke WhatsApp

0 komentar:

Post a Comment