3.518 Siswa SD dan SMP SMP Siap UN

Bagikan Bagikan

Ketua Panitia UN 2018 Dinas Pendidikan (Dispend)
Mimika, Drs Manto Ginting
SAPA  (TIMIKA) - Sebanyak 3.518 siswa sekolah dasar (SD) dam sekolah menengah pertama (SMP) di Kabupaten Mimika siap melaksanakan Ujian Nasional (UN).

 “Dari 3.518 siswa terdebut diantaranya, SD 768 siswa dan SMP 2.750. Jumlah siswa SMP sebanyak 1.510 siswa ikut ujian nasional berbasis komputer (UNBK) sementara 1.24o siswa ujian sekolah berbasis nasional (USBN),”  kata Ketua Panitia Penyelenggara UN 2018 di Dinas Pendidikan (Dispend) Kabupaten Mimika, Drs Manto Ginting kepada Salam Papua di Jalan Budi Utomo, Jumat (2/2) 

Menurut Manto, sekolah yang mendaftar sebagai sekolah pelaksana UN yaitu, ada SD 119 sekolah dan SMP 56 sekolah, baik itu sekolah negeri maupun swasta. Khusus untuk SD pemerintah pusat belum menetapkan pola UNBK, tapi menggunakan USBN.

“SD belum bisa ikut UNBK, kalau SMP sudah bisa. Jadi dari 56 sekolah SMP 14 diantaranya ikut UNBK dan itu sudah jelas karena data disetor oleh sekolah-sekolah ke Dispend. Sedangkan untuk SD masih data sementara, bisa saja berubah karena masih dalam tahap pendataan kembali ke sekolah,” kata Manto.

Manto menjelaskan, jadwal Ujian Nasional Kertas Pensil (UNKP) maupun UNBK tingkat SMP dan USBN untuk SD belum diumumkan provinsi ke daerah-daerah.  Sebagai panitia akan mengikuti rapat koordinasi dengan Pemerintah Provinsi Papua sebagai penanggungjawab ujian di Papua.

“Nantinya kelulusan siswa akan ditentukan oleh nilai raport ditambah dengan nilai ujian USBN, UNPK dan UNBK. Pelaksanaan UN, UNBK, UNKP, hanya sebagai hasil pemetaan mutu pendidikan pada satu wilayah (kawasan) saja,” kata Manto.

Manto menambahkan, menyangkut soal ujian SD baik USBN dan US dengan, jumlah soal 10 persen dari pusat sedangkan 90 persen dari guru - guru di kabupaten atau kota. (Ervi Ruban)
Bagikan ke Google Plus Bagikan ke WhatsApp

0 komentar:

Post a Comment