Dana Puluhan Miliar Siap Dikucurkan untuk Pilkada Mimika

Bagikan Bagikan

Ilustrasi-Pilkada serentak 2018
*KPUD Rp62 Miliar, Panwaslu Rp10 Miliar
SAPA (TIMIKA) – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Mimika melalui Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) siap mengucurkan dana hibah puluhan miliar rupiah kepada KPUD dan Panwaslu untuk penyelenggaraan Pilkada Serentak di Mimika. Dana puluhan miliar tersebut antara lain untuk KPUD sebesar Rp62 miliar, sedangkan untuk Panwaslu sebesar Rp10 miliar lebih.

Selain Panwaslu, menurut Sekretaris BPKAD Mimika, Lukas Luli Lasan, dari total dana hibah sebesar Rp62 miliar untuk KPUD, Rp9 miliar diantaranya telah diserahkan pada tahun 2017, yang mana dana tersebut digunakan KPUD untuk tahapan pilkada yang hingga saat ini masih berlangsung. Nantinya, jika ada lagi pengajuan lanjutan dari KPUD ke Pemkab terkait dana, maka BPKAD akan melakukan pencairan dana sisa yang masih ada.

“Sedangkan untuk tahapan selanjutnya belum di ajukan lagi. Yang penting Pemkab telah menyiapkan dananya, tinggal menunggu proposal dari masing-masing penyelenggara Pemilukada,” kata Lukas saat ditemui di Kantor BPKAD Mimika, Rabu (14/2).

Dana hibah pilkada untuk KPUD, kata dia, tidak lagi menunggu penetapan APBD 2018. Hal itu karena pilkada merupakan agenda nasional dan telah dilakukan MoU, dimana MPAD telah dibuat pada tahun 2017. Namun hingga saat ini, KPUD belum pertanggung-jawabkan penggunaan dana tahap pertama sebesar 9 miliar.

“Nanti kita akan cairkan berdasarkan kebutuhan. Untuk KPUD kita harapkan bisa mempertanggung-jawabkan dana yang 9 miliar itu. Kemudian, kalau mereka ajukan usulan lagi baru kita cairkan,” katanya. (Acik)
Bagikan ke Google Plus Bagikan ke WhatsApp

0 komentar:

Post a Comment