Kadistrik Kuala Berharap SMP dan SMA Dibangun di Utikini

Bagikan Bagikan

Kepala Distrik Kuala Kencana,  Everth  L. Hindom
SAPA (TIMIKA) -  Kepala Distrik Kuala Kencana,  Everth  L. Hindom  berharap agar tahun ini Pemerintah  Kabupaten  (Pemkab ) Mimika melalui Dinas Pendidikan (Dispen)  bisa membangun Sekolah Menengah Pertama (SMP) dan Sekolah Menegah Atas (SMA) di Kampung Utikini III.

Menurut Evert, pembangunan SMP dan SMA di wilayah tersebut telah diusulkan dalam Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) tingkat Distrik tahun 2016 lalu. Namun hingga saat ini belum bisa terakomodir, padahal secara letak wilayah menurut dia, kampung Utikini dan Bhintuka membutuhkan SMP dan SMA agar anak-anak di wilayah tersebut tidak harus menempuh jarak jauh untuk sekolah ke Kota Timika atau Kuala.

“Yang diusulkan oleh semua masyarakat dan kepala Kampung Utikini III saat Musrenbang 2016 lalu, sangat benar sekali. Karena memang anak-anak di sana sangat setengah mati sekali harus datang sekolah ke Kota Timika dan mereka harus buang-buang uang transportasi. Kalau misalnya dua sekolah ini dibangun di Utikini, maka anak-anak yang di Bhintuka juga bisa gabung di situ,” ungkap Evert ketika ditemui di Kampung Gimbi, Distrik Kuala Kencana, Jumat (2/2).

Evert mengatakan, dirinya dan masyarakat yang ada di Utikini dan beberapa kampung di sekitar Vtikini memiliki alasan bahwa, dengan  tidak adanya  sekolah  SMP dan SMA yang ada di sekitar daerah tersebut  menjadikan  anak-anak  yang ada di wilayah tersebut terpaksa harus turun ke Kota Timika. Karena itu, dalam waktu pra pembahasan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) bersama Dewan Perwakilan Daerah (DPRD) nanti, ia akan mengajukan secara khusus terkait usulan pembangunan sekolah tersebut sehingga bisa didorong dalam APBD 2018.

“Kita punya anak anak usia sekolah  SMP-SMA itu mereka harus kelur dari Utikini  ke arah Timika itu jangkauannya sangat jauh. Yang pertama tingkat kecelakaan itu yang kami takut sekali, apalagi anak anak ini ke luar pakai motor,  pasti balap dan sebagainya. Harapan saya itu harus di bangun supaya  anak anak-usia sekolah yang ada di Utikini maupun Bhintuka dan Mimika Gunung  dapat bersekolah di sana,” kata Evert. (Acik)
Bagikan ke Google Plus Bagikan ke WhatsApp

0 komentar:

Post a Comment