Pemkab Akan Bangun Tempat Rekreasi Ruang Terbuka Hijau

Bagikan Bagikan

Kepala Seksi Tata Ruang pada Dinas PU Mimika,
Petrus Pali Amba
SAPA (TIMIKA) – Di perkirakan pada tahun 2019 mendatang, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Mimika melalui seksi Tata Ruang pada Dinas Pekerjaan Umum (PU) akan membangun tempat rekreasi ruang terbuka hijau. Pembangunannya di atas lahan bekas galian C dengan luas kurang lebih 12 hektar, terletak di area belakang komplek Keuskupan Timika, Jalan Cenderawasih.

Kepala Seksi Tata Ruang pada Dinas PU Mimika, Petrus Pali Amba, mengatakan pembangunan tempat rekreasi ruang terbuka hijau akan dilengkapi berbagai wahana hasil rekayasa, di antaranya tempat pemancingan, kolam renang, jalur sungai untuk arung jeram, serta berbagai wahana lainnya.

Pembangunan tempat rekreasi ini, juga kata dia, merupakan program lanjutan yang telah di usulkan Dinas Tata Kota (Distako). Namun, setelah Distako di tiadakan, seluruh kewenangan di tangani oleh seksi Tata Ruang di Dinas PU. Oleh karena itu program pembangunan tempat rekreasi tersebut menjadi salah satu yang harus di usulkan untuk dikerjakan tahun 2019 mendatang.

“Waktu serah terima jabatan dari Distako kita sudah ketahui bahwa pembangunan tempat rekreasi ruang terbuka itu merupakan salah satu program yang siap kita kerjakan. Tapi kita hanya berharap supaya dalam tahun ini ada kepastian terkait pembebasan lahan seluas kurang lebih 12 hektar itu,” kata Petrus, saat ditemui Salam Papua diruang kerjanya, Kantor Pusat Pemerintahan Kabupaten Mimika, SP 3, Jumat (3/2). 

Ilustrasi - Tempat rekreasi ruang terbuka hijau.
Di akui Petrus, saat ini pembangunan tempat rekreasi tersebut baru masuk dalam tahapan masterplan (Rencana Induk) dan belum ditetapkan. Namun demikian, pembangunan fisik baru bisa terealisasi jika usulan telah di setujui dan di alokasikan melalui PAD Dinas PU usai pelaksanaan penetapan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) tahun 2018 ataupun 2019.

Selanjutnya dijelaskan juga bahwa ada banyak program kerja lanjutan termasuk program baru yang akan dilaksanakan seksi Tata Ruang Dinas PU. Namun, itu masih perlu di tetapkan melalui Peraturan Daerah (Perda) sebagai penguatan hukum dalam pelaksanaanya.

“Memang sudah banyak program yang telah di usulkan oleh Distako, dan saat ini akan kami kaji ulang. Karena kami merupakan seksi baru di PU maka, saat ini kami baru memulai pembuatan konsep-konsep apa yang akan kami kerjakan,” jelasnya. (Acik)
Bagikan ke Google Plus Bagikan ke WhatsApp

0 komentar:

Post a Comment