Warga Diminta Tidak Gunakan Kelambu untuk Jaring Ikan

Bagikan Bagikan

Kepala Distrik Kuala Kencana, Evert L Hindom 
SAPA (TIMIKA) - Kepala Distrik Kuala Kencana, Evert  L. Hindom, meminta kepada seluruh warga di Distrik Kuala Kencana, khususnya di setiap kampung yang saat ini telah menerima sumbangan berupa kelambu anti malaria dari Dinas Kesehatan (Dinkes) Mimika, agar tidak memakai kelambu bantuan sebagai alat untuk menjaring ikan.

“Saya minta semua warga saya di 8 kampung dan 2 kelurahan yang sudah atau pun yang nanti akan dapat kelambu dari dinkes supaya digunakan dengan baik. Jangan gunakan ke hal-hal yang lain lagi, contohnya buat jaring ikan,” kata Evert saat di wawancarai usai pembukaan kegiatan ‘Pekan Kelambu dan Vitamin A Kabupaten Mimika di Kampung Gimbi, Distrik Kuala Kencana, Jumat (2/2).

Evert juga mengatakan, pihaknya akan bertindak tegas dan memberi sanksi kepada warganya yang menyalah-gunakan setiap fasilitas atau bantuan yang diberikan pemerintah. Sanksi yang dimaksud berupa pencoretan nama untuk di akomodir dalam setiap penerimaan bantuan dari pemerintah di tahun-tahun berikutnya.

Ia mengakui, sebagai warga Mimika yang rentan terkena dampak dari keberadaan nyamuk malaria, tentunya telah mengetahui fungsi dan tujuan mengapa diberikan bantuan berupa kelambu. Ia mengharapkan, setiap kepala keluarga yang sudah memiliki kelambu agar dipergunakan dengan baik serta rutin di cuci sehingga bersih dan awet.

Selain hal itu, ia juga mengharapkan seluruh warganya bisa menjaga lingkungan masing-masing dengan cara rutin mengumpulkan sampah dengan cara di bakar atau di timbun.

“Kalau sudah dapat kelambu, berarti di pakai dan di rawat baik-baik. Untuk cegah nyamuk itu, bukan hanya memakai kelambu saja, tapi harus bisa menjaga kebersihan di dalam dan sekitar rumah serta lingkungan,” kata Evert. (Acik)
Bagikan ke Google Plus Bagikan ke WhatsApp

0 komentar:

Post a Comment