120 Personil TNI Polri Kawal Sidang di Gakumdu

Bagikan Bagikan
TNI-POLRI melakukan pengamanan dalam mengantisipasi tahapan-tahapan sidang sengketa pelaksanaan Pilkada
SAPA (TIMIKA) - Sebanyak 120 personil dari TNI-Polri disiagakan untuk mengantisipasi terjadinya peningkatan eskalasi Kamtibmas di Mimika dalam rangka Sidang Gakumdu yang digelar Panwaslu Mimika, Kamis (1/3). Sidang Sengketa Pilkada kali ini memasuki agenda kesimpulan.
Kapolres Mimika, AKBP Indra Hermawan mengatakan, pengamanan sidang penyelesaian sengketa pemilihan calon Bupati dan Wakil Bupati Mimika yang memasuki tahapan kesimpulan mengerahkan 120 personil dari unsur TNI-Polri. Pengamanan dilakukan untuk menjaga agar pelaksanaan sidang berjalan dengan aman dan damai.

"Hari ini (Kemarin, red) kami mengamankan sidang sengketa Pilkada dari beberapa Paslon. Pasukan yang kami siapkan ada 60 personil dari Polres, 30 Brimob, dan 30 lagi dari TNI," kata Kapolres saat ditemui Salam Papua di depan Kantor Gakumdu, Jalan Yos Sudarso, Kamis (1/3).

Menurut Kapolres, hal tersebut merupakan salah satu pengamanan yang dilakukan dalam tahapan-tahapan pelaksanaan Pilkada. Semua sudah ada dalam Standar Operasional Prosedur (SOP) TNI-Polri yang gunanya untuk mengamankan situasi tetap kondusif.

"Saya rasa ini sudah SOP kita, dan tidak ada pengawalan yang berlebihan," ujarnya.
Untuk metode pengamanan sendiri, ungkap Kapolres, pihaknya melakukan pengawalan ketat terhadap akses keluar masuk ruang persidangan, supaya tidak mengganggu proses sidang.
Selain itu, lanjut dia, sampai saat ini proses tahapan Pilkada di Mimika masih berjalan normal, dimana tidak ada pergerakan-pergerakan massa yang menonjol.

"Sampai sejauh ini tidak ada pergerakan massa, kita berharap situasi tetap kondusif seperti ini," ujarnya.

Seperti diketahui, Panwaslu Mimika menggelar Sidang Musyawarah Penyelesaian Sengketa Pilkada bagi Pasangan Bakal Calon (Balon) Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Mimika, dimana agenda persidangan kali ini memasuki tahapan kesimpulan.

Pihak keamanan selalu mengantisipasi setiap pelaksanaan sidang yang bisa saja didatangi massa pendukung salah satu paslon yang akan mengikuti sidang penyelesaian sengketa. (Tomy)
Bagikan ke Google Plus Bagikan ke WhatsApp

0 komentar:

Post a Comment