ASN Yang Sering Keluar Kota Berdampak Pada Mutu Pelayanan

Bagikan Bagikan
Luky Mahakena

SAPA (TIMIKA) – Para pejabat khusunya kalangan Aparatur Sipil Negara (ASN) pada Organisasi Perangkat Daerah (OPD) lingkup Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Mimika, diindikasi banyak yang meninggalkan tugas dengan alasan kegiatan diluar daerah. Terkait hal ini, banyak dikeluhkan oleh masyarakat, karena berdampak pada mutu pelayanan.

Ketua Forum Kewaspadaan Dini Masyarakat (FKDM) Kabupaten Mimika, Luky Mahakena, menilai bahwa kegiatan sejumlah pejabat yang keseringan keluar daerah mengakibatkan proses pelayanan terhadap masyarakat menjadi terbengkalai. Hal ini menjadi keluhan masyarakat yang membutuhkan adanya perbaikan pelayanan oleh pemerintah. 

“Hal ini sangat tidak populer terhadap pengabdian dan dedikasi terhadap tugas tanggungjawab OPD.  Terhadap pelayanan bagi masyarakat, sebagaimana telah tertera pada prinsip-prinsip ASN serta tanggungjawab yang diberikan,” kata Luky kepada wartawan di Timika pada Jumat (2/3).

Menurutnya, masyarakat dan lintas koordinasi instansi teknis dalam pengurusan sangatlah penting. Mestinya saling membutuhkan dan sinergitas sehingga dapat memberikan efek dan manfaat akan pelayanan prima kepada masyarakat .

Banyak masyarakat yang membutuhkan pelayanan mengeluh, karena beberapa pejabat OPD sedang tidak berada di kantor, bahkan sudah berhari-hari dengan alasan berada diluar daerah.

"Berada di luar kota, bahkan tidak jelas juga apa agenda kerjanya," ujarnya.

Luky juga mengatakan, sebagai repsentatif kemasyarakatan di Mimika, wajar jika mencermati hal ini lebih jauh. Sebab, berbagai agenda nasional seperti pilkada serentak di Mimika agar tetap eksis dan berimbang terhadap mutu pelayanan birokrasi bagi masyarakat Mimika.

“Wajar jika mencermati hal ini lebih jauh,” katanya. (Tomy)
Bagikan ke Google Plus Bagikan ke WhatsApp

0 komentar:

Post a Comment