Belasan OPD Pemkab Belum Kumpulkan RKA

Bagikan Bagikan
Wakil Bupati Kabupaten Mimika, Yohanis Bassang
SAPA (TIMIKA) – Hingga saat ini masih ada belasan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) lingkup Pemkab Mimika yang belum menyelesaikan Rencana Kegiatan Anggaran (RKA) dan melimpahkannya ke Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda).

Dalam kesempatan memimpin apel pagi, Senin (13/3), Wakil Bupati Kabupaten Mimika, Yohanis Bassang secara terbuka membacakan nama-nama belasan OPD terkait yang belum mengumpulkan RKA yakni Dinas Kesehatan (Dinkes), Dinas Koperasi dan Ekonomi Kreatif (Diskop EK), Dinas Pariwisata, Sekretariat DPRD (Setwan) dan sejumlah distrik yakni Kuala Kencana, Tembagapura, Jita, Mimika Tengah, Mimika Baru, Mimika Barat Tengah, Alama, Wania dan Hongya.

“Terserah mau menilai Yohanis Bassang seperti apa. Tapi dampak dari itu semua, apapun yang hendak kita lakukan akan tersendat. Kapan kita mau dorong ke DPRD dan APBD kita ditetapkan kalau  RKA kita belum diselesaikan?,” tanya Wabup.

Ia menyayangkan, karena  beberapa bulan lalu sejak diserahkannya  Kebijakan Umum Anggaran dan Prioritas Plafon Anggaran Sementara (KUA-PPAS), semua OPD telah diarahkan untuk mempersiapkan RKA dengan ketentuan waktu selama tiga hari.

Ia mengakui, minggu awal bulan Maret telah berlalu, tapi APBD belum juga ditetapkan, maka begitu banyak dampak yang akan diterima selanjutnya dalam pembangunan di lingkup Pemkab Mimika. Selain itu, keterlambatan penetapan APBD akan berdampak pada penundaan berbagai program yang telah direncanakan.

“Saya harap RKA itu harus segera diselesaikan untuk mendorong percepatan penetapan APBD kita. RKA itu dasar untuk penetapan APBD kita. Kalau begitu percuma semua desakkan yang sudah disampaikan selama ini, karena apa yang disampaikan tidak ditindaklanjuti,” ungkapnya. (Acik)
Bagikan ke Google Plus Bagikan ke WhatsApp

0 komentar:

Post a Comment