DAK Fisik Tahun Ini Mengalami Kenaikan

Bagikan Bagikan
Kepala KPPN Timika, Tukima

SAPA (TIMIKA)  - Dana Alokasi Khusus (DAK) tahun 2018 untuk Kabupaten Mimika mengalami kenaikan sebesar Rp230 miliar dari tahun  sebelumnya sebesar Rp97,3 miliar.

Demikian dikatakan Kepala Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara (KPPN) Timika,  Tukima saat di temui Salam Papua di ruang kerjanya,  Senin (5/3).

"Untuk tahun 2018 ini anggaran dari APBN yang kami keloka sebesar Rp1,5 triliun,  diantaranya untuk DAK fisik dan Dana Desa (DD). Besaran anggaran yang masuk dalam DIPA terbagi untuk DAK dan DD bagi Kabupaten Mimika dan Kabupaten Puncak,"tutur Tukima.

Tukima mengatakan,  anggaran tahun ini dari APBN naik dari tahun sebelumnya,  kenaikannya sebesar Rp8 miliar. Yang paling besar adalah untuk kebutuhan pembangunan fisik dari penggunaan DAK dan DD.

Dijelaskan,  besaran anggaran tersebut diperuntukkan untuk pembangunan dari DAK dan DD sebesar Rp698,2 miliar. Sedangkan,  untuk belanja pegawai sebesar Rp329,3 miliar,  belanja barang sebesar Rp278,9 miliar dan belanja modal sebesar Rp253 miliar.

"DAK fisik dan DD tahun ini mengalami kenaikan dari penggunaan tahun sebelumnya sebesar Rp677 miliar.

Besaran DAK fisik dan DD. Khusus Kabupaten Mimika besaran DAK fisik sebesar Rp230 miliar dari sebelumnya hanya Rp97,3 miliar.  Sementara untuk DD sebesar Rp122 miliar, "tutur Tukima.

Katanya, untuk pencairan DD tahap pertama belum bisa dilakukan karena ada persyaratan yang harus diberikan tetapi harus menunggu penetepan APBD 2018 dan Perkada untuk pembagian penerimaan DD.

"Jadi sekarang ini kami belum bisa lakukan pencairan DD tahap pertama sebesar 20 persen, "ujarnya.

Tambah Tukima,  dengan anggaran dari APBN yang masuk dalam DIPA KPPN Timika sebesar Rp1,5 triliun untuk  41 Program dibanding tahun sebelumnya yang hanya 40 progam. (Ervi Ruban)
Bagikan ke Google Plus Bagikan ke WhatsApp

0 komentar:

Post a Comment