Dinkes Utus Tim ke Fakafuku Cek Kebenaran Wabah Diare

Bagikan Bagikan
Kepala Dinkes Mimika  Alfred Douw

SAPA (TIMIKA) -  Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Mimika mengutus tim khusus dari Dinkes dan  berberapa Puskesmas dalam wilayah Kota Timika ke Fakafuku, Distrik Agimuga untuk memastikan kebenaran informasi adanya wabah diare.  Untuk menelusuri kebenaran informasi tersebut dilakukan kerjasama Dengan Biro Kesehatan Lembaga Pengembangan Masyarakat Amungme dan Kamoro (LPMAK).

Kepala Dinkes Mimika  Alfred Douw mengatakan, setelah beberapa hari lalu menerima informasi tersebut, pihaknya langsung merespon dengan menerjunkan tim kesehatan. Jika informasi tersebut, tim yang diutus langsung mendata secara lengkap terkait berapa banyak korban dan hal lainnya.

“Setelah kami dengar informasi warga di sana mengalami  diare, kami langsung ambil langkah  dengan mengutus  tim dari Puskesamas  dan juga dari dinas kesehatan bersama dengan LPMAK. Tim ini sekarang  sudah ke Fakafuku untuk memastikan kebenaran informasi itu. Mereka sudah dua malam di sana dan mungkin hari ini (kemarin-Red) mereka sudah balik,” ungkap Alfred saat ditemui di Kantor Pusat Pemerintahan (Puspem) Mimika, Jumat (2/3).

Alfred mengatakan, tahun ini Dinkes telah merencanakan membangun Pustu di Kampung Fakafuku. Hal ini dilakukan mempermudah jangkauan pelayanan kesehatan masyarakat. Sebab selama ini menurut dia, petugas kesehatan hanya melakukan pelayanan langsung dari rumah ke rumah warga.

“Tahun ini juga kami rencanakan untuk bangun Pustu di sana. Supaya petugas tidak lagi melayani warga dari rumah ke rumah. Selain itu jangkauan pelayanan kesehatan juga menjadi mudah bagi warga di sana,” katanya. (Acik)
Bagikan ke Google Plus Bagikan ke WhatsApp

0 komentar:

Post a Comment