Disdik Upayakan Semua Anak Banti Direlokasi ke Timika

Bagikan Bagikan
Kepala Disdik Kabupaten Mimika, Jeni Ohestin Usmani

SAPA (TIMIKA) – Dinas Pendidikan (Disdik) Kabupaten Mimika saat ini berupaya menjalin koordinasi dengan seluruh orang tua murid di Banti, Kimbely dan Utikini, Distrik Tempagapura, agar bisa merelokasi semua anak-anak usia sekolah khususnya Sekolah Dasar (SD) ke Timika. Sebab, Disdik Mimika berprinsip bahwa tidak boleh menelantarkan pendidikan semua anak di Mimika.

“Hari ini (kemarin, red) sekretaris saya sudah mulai bergerak untuk menjalin koordinasi bersama seluruh orang tua anak-anak di SD Banti. Untuk anak-anak yang sudah dievakuasi usai peristiwa itu, saat ini sudah direlokasi ke Panjunan. Pada prinsipnya, kalau anak-anak itu ada di Timika, maka kita akan mengurusnya untuk disekolahkan di Panjunan atau sekolah lainnya. Karena, memang kita tidak ingin anak-anak kita terlantar, khusus dalam pendidikannya. Tapi bukan hanya kita sendiri yang bisa menyelesaikan persoalan ini, tetapi harus melibatkan pihak lain juga,” ungkap Kepala Disdik Kabupaten Mimika, Jeni Ohestin Usmani, ketika diwawancara Salam Papua di ruang kerjanya, Jumat (3/2).

Jeni menjelaskan, upaya relokasi harus didahului dengan koordinasi bersama semua orang tua, agar tidak terjadi kesalahpahaman di kemudian hari. Dia juga mengakui, masalah utama lumpuhnya pendidikan di Banti adalah persoalan keamanan, baik bagi anak-anak juga bagi para guru yang bertugas.

“Memang saat ini kita belum jalin kerja sama dengan aparat TNI dan Polri supaya bersama-sama menjemput anak-anak kita di sana. Akan  tetapi yang saat ini kami lakukan adalah menjalin koordinasi bersama semua orang tua, dalam hal ini meminta izin bahwa anak-anak mereka harus disekolahkan di Timika,” ujarnya. (Acik)
Bagikan ke Google Plus Bagikan ke WhatsApp

0 komentar:

Post a Comment