Masyarakat Mimika Akan Menikmati Keberadaaan Bus Air

Bagikan Bagikan
Plt Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Mimika, Yan Purba  mendampingi tim TP4D Kejari Mimika, ketika mensurvei pembangunan terminal Bandara baru
SAPA (TIMIKA) – Masyarakat Mimika akan menikmati keberadaan 1 unit angkutan khusus “Bus Air” yang bersumber dari anggaran dana alokasi khusus (DAK), yang disalurkan melalui Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Mimika sebesar Rp4 miliar lebih. Persediaan bus air untuk melayani masyarakat dari ibukota Kabupaten Mimika menuju ibukota distrik-distrik di pesisir dengan kapasitas 50 seat (tempat duduk).

Pelaksana tugas (Plt) Kepala Dishub, Yan Purba, mengatakan selain untuk pengadaan bus air, anggaran Rp4 miliar tersebut juga untuk pengadaan satu unit angkutan massal. Namun, realisasi pengadaan dua bus dengan fungsi berbeda ini kemungkinan terlambat, dikarenakan waktu perancangan dua armada pelayanan masyarakat ini membutuhkan waktu kurang lebih 7 bulan.

“Berdasarkan  koordinasi kami bersama bagian pengadaan barang dan jasa Bappeda, kemungkinan terlambat dalam pengadaannya. Kami juga bingung, apakah nanti akan melalui proses pelelangan atau seperti apa. Yang jelas dananya ada sebesar 4 miliar lebih,” kata Yan Purba saat ditemui di Kantor Pusat Pemerintahan (Puspem) Kabupaten Mimika, SP 3, Senin (5/3).

Persoalan pengadaan bus air dan angkutan massal ini juga sudah dilaporkan kepada Wakil Bupati (Wabup) Mimika Yohanis Bassang. Menurutnya, wabup mengakui akan mengupayakan percepatan penyelesaian persoalan yang berhubungan dengan pengadaan dua armada pelayanan masyarakat tersebut.

“Kita sudah laporkan kepada pak wabup, dan pak wabup akui harus melalui SK Bupati. Pengadaan dua unit bus ini dari dana DAK dan kami belum bisa memastikan realisasi pengadaannya bisa dilaksanakan tahun ini atau kapan,” tuturnya. (Acik)
Bagikan ke Google Plus Bagikan ke WhatsApp

0 komentar:

Post a Comment