OPD Didesak Limpahkan RKA ke Bappeda

Bagikan Bagikan
Cherly Lumenta

SAPA (TIMIKA) – Pimpinan pemerintahan Kabupaten Mimika melalui Staf Ahli Bidang Kemasyarakatan dan Sumber Daya Manusia (SDM), Cherly Lumenta, mendesak Organisasi Perangkat Daerah (OPD) segera melimpahkan Rencana Kegiatan Anggaran (RKA) 2018 ke Badan Perencanaan dan Pembangunan Daerah (Bappeda). Hal itu untuk sebagai acuan penyusunan draft Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) 2018.

Terkait hal ini juga, sehari sebelumnya wakil bupati telah mengingatkan kepada seluruh OPD untuk mempercepat pelimpahan RKA ke Bappeda, selaku tim anggaran Pemkab Mimika. Hal itu agar pembahasan pra penetapan dan penetapan APBD 2018 bisa dilaksanakan secepatnya.

“Hari ini (Kemarin-Red) merupakan jadwal terakhir untuk kita semua kumpulkan RKA kita. Jadi, bagi OPD yang belum menyelesaikan hal itu, harus berkoordinasi ke Bappeda supaya bisa diselesaikan,” ungkap Cherly Lumenta saat memimpin pelaksanaan apel pagi di halaman Kantor Pusat Pemerintahan (Puspem) Kabupaten Mimika, SP3, Jumat (2/3).

Sebelumnya pada Selasa (27/2) lalu, Kepala Bappeda, Simon Mote mengatakan bahwa Kebijakan Umum Anggaran dan Prioritas Plafon Anggaran Sementara (KUA-PPAS)  telah diberikan ke semua OPD. Sehingga setiap OPD akan menjabarkan isi KUA-PPAS dalam bentuk RKA. Dengan demikian, OPD  diberi waktu selama dua hari ke depan untuk menyelesaikan RKA, yang selanjutnya akan di review kemudian diserahkan ke DPRD Mimika sebagai Rancangan APBD (RAPBD).

“Kami telah bagikan KUA-PPAS, dan kami kasih kesempatan kepada setiap OPD. Paling lambat dua hari untuk selesaikan RKA. Berarti kalau dalam dua hari ke depan semua OPD selesaikan RKA-nya, maka kami akan evaluasi kembali dan langsung ke Simda, karena secara nasional penetapan APBD kita ini sudah sangat terlambat,” kata Simon usai pembagian KUA-PPAS di kantor Bappeda.

“Kalau RKA sudah diserahkan dan ditingkat eksekutif selesai, berarti kita langusng dorong ke DPRD untuk disepakati. Selanjutnya kita menunggu agenda dari DPRD, karena nanti DPRD yang menentukan agendanya seperti apa,” imbuhnya. (Acik)
Bagikan ke Google Plus Bagikan ke WhatsApp

0 komentar:

Post a Comment