Panwaslu Batalkan SK KPU Paslon OMTOB Status Quo

Bagikan Bagikan
SK Panwas untuk OMTOP

SAPA (TIMIKA) –Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) Kabupaten Mimika dalam sidang musyawarah penyelesaian sengketa Pilkada pemilihan bupati dan wakil bupati Mimika 2018, Senin (5/3) membatalkan Surat Keputusan (SK) Nomor 05/HK.03.1/Kpt/9109/KPU-Kab/II/2018 tentang penetapan pasangan calon dalam pemilihan bupati dan wakil bupati Kabupaten Mimika tahun 2018 atas nama Eltinus Omaleng dan Johannes Rettob (OMTOB).

Dengan adanya pembatalan SK tersebut maka pasangan OMTOB yang sebelumnya dalam sidang penetapan KPU Mimika di Jayapura dinyatakan Tidak Memenuhi Syarat (TMS)  tidak berlaku atau dibatalkan. Dengan demikian saat pasangan bakal calon (Paslon), OMTOB berstatus quo (sebelum dinyatakan TMS oleh KPU Mimika - Red).

Dari data yang dihimpun Salam Papua, status quo bermakna kondisi yang ada saat ini dan sedang berjalan. Dimana, OMTOB tidak berada pada status Memenuhi Syarat (MS) ataupun TMS untuk maju dalam tahapan Pilakda pemilihan Bupati dan wakil Bupati mendatang.

Ketua Panwaslu Kabupaten Mimika saat ditemui wartawan di Kantor Panwaslu, Jalan Kihajar Dewantara, Selasa (6/3) mengatakan, putusan sidang musyawarah penyelesaian sengketa Pilkada Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Mimika, tidak mempengaruhi status empat pasangan yang sudah ditetapkan KPU sebagai Calon Bupati dan Wakil Bupati.

“Dalam SK kemarin sudah sangat jelas, dimana menyebutkan Panwaslu membatalkan keputusan KPU Mimika Nomor 05/HK.03.1/Kpt/9109/KPU-Kab/II/2018 tentang penetapan pasangan calon dalam pemilihan bupati dan wakil bupati Kabupaten Mimika tahun 2018 atas nama Eltinus Omaleng dan Johannes Rettob tertanggal 18 Februari 2018,” ujarnya.

Berdasarkan hal itu, pembatalan SK tertanda atas nama pasangan OMTOB,  itu tidak akan membatalkan Putusan KPUD Mimika tentang penetapan calon terhadap empat pasangan yakni pasangan nomor urut 1 atas nama Petrus Yenwarin-Alpius Edowai (Petraled), nomor urut dua, Robert Waraopea-Albert Bolang (RnB), nomor urut tiga, Wilhelmus Pigai-Allo Rafla (Musa) dan nomor urut empat yakni pasangan Hans Magal-Abdul Muis (HAM).

Hal tersebut pun diakui Eltinus Omaleng yang merupakan bakal calon bupati dari pasangan OMTOB setelah mendengarkan putusan sidang musyawarah penyelesaian sengketa Pilkada yang dibacakan oleh pemimpin musywarah sekaligus Ketua Panwaslu Mimika, Tony Agapa, Senin (5/3) kemarin di Sekretariat Sentra Penegakkan Hukum Terpadu (Gakkumdu), Jalan Yos Sudarso.

“Tidak, ini tidak jelas. Keputusannya masih belum jelas,” ujar Omaleng usai persidangan pihaknya.

Adapun putusan dalam sidang musyawarah penyelesaian sengketa Pilkada untuk pasangan OMTOB dengan nomor register 02/PS/PWSL.MMK.33.10/II/2018 sebagai berikut: (1). Mengabulkan Permohonan Pemohon untuk Sebagian. (2).Membatalkan Keputusan KPU Kabupaten Mimika Nomor 05/HK.03.1/Kpt/9109/KPU-Kab/II/2018 tentang penetapan Pasangan Calon dalam Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Mimika Tahun 2018 atas nama Eltinus Omaleng S.E., M.H, dan Johannes Rettob, S.Sos., M.H.,  tertanggal 18 Februari 2018. (3).Meminta kepada KPU Kab. Mimika untuk memverifikasi ulang keabsahan ijazah melalui laboratorium forensik. (4).Meminta kepada KPU Kabupaten Mimika untuk melaksanakan Putusan ini. (Salma)
Bagikan ke Google Plus Bagikan ke WhatsApp

0 komentar:

Post a Comment