Pemasangan Box Culvert Drainase Antisipasi Longsor

Bagikan Bagikan
Drainase di jalan Cendrawasih yang telah dipasang Box Culvert
SAPA (TIMIKA) – Kepala Dinas Pekerjaan Umum (PU) Kabupaten Mimika, Robert Mayaut mengakui, pekerjaan drainase yang disertai dengan pemasangan box culvert di seluruh ruas jalan di Mimika akan diperhitungkan secara matang untuk mengantisipasi longsor dan rubuhnya bangunan pagar milik masyarakat serta  akses masuk lorong atau bangunan yang akan dilintasi kendaraan roda empat ataupun pengangkut kapasitas besar.

Robert mengatakan, pemasangan box culvert khusus pada titik akses masuk lorong serta pada samping kiri dan kanan pada titik tertentu yang telah padat perumahan dan dinilai rawan terjadinya banjir. Sebab jika hanya terpasang di salah satu sisi jalan saja, maka akan menyebabkan longsor dan merubuhkan bangunan pagar.

“Makanya beberapa waktu lalu kita disain box culvert itu langsung cor di tempat karena itu juga lebih murah.  Contohnya saat kami bongkar drainase di depan Kantor Pajak yang di Jalan Cendrawasih itu. Pada saat kami bongkar, fundasi pagarnya tidak roboh, tapi begitu hujan deras, fundasinya langsung roboh karena belum pasang box. Sedangkan untuk daerah yang rawan banjir itu, harus dipasang box di dua sisi, apa lagi kalau di samping kiri kanan sudah banyak rumah atau ruko,” kata Robert saat ditemui di Kantor Pusat Pemerintahan (Puspem) Mimika, Selasa (6/3).

Ia menjelaskan, pemasangan box culvert  juga tidak dilakukan di sepanjang drainase, akan tetapi khusus untuk titik-titik tertentu yang diproteksi. Demikian juga terkait dengan pemasangan box culvert ukuran besar dan kecil. Dimana, menurut dia pemasangan box culvert ukuran besar hanya difokuskan pada akses masuk lorong-lorong serta bangunan tertentu yang akan dilalui kendaraan roda empat termasuk truk pengangkut berkapasitas berat.

“Kalau boxnya besar berarti kuat dan harganya mahal. Pemasangan box besar itu juga bukan di seluruh drainase, tapi itu hanya di titik-titik tertentu saja seperti yang telah dijelaskan di atas. Harga box itu tergantung ukurannya karena box itu bervariasi. Ada yang dimensinya 2 X 2 dan selebihnya. Jadi harganya juga menyesuaikan,” jelasnya. (Acik)
Bagikan ke Google Plus Bagikan ke WhatsApp

0 komentar:

Post a Comment