Ratusan Warga Mimika Konvoi Menanti Putusan Panwaslu

Bagikan Bagikan
Ratusan Warga Mimika Konvoi Menanti Putusan Panwaslu
SAPA (TIMIKA) - Ratusan warga Mimika melakukan aksi konvoi di seputaran wilayah Timika kemudian mendatangi sekretariat Sentra Penegakan Hukum Terpadu (Gakkumdu), Jalan Yos Sudarso dengan menggunakan beberapa mobil pick up.

Dari pantauan Salam Papua, sebagian warga memakai pakaian adat Papua bersorak ria sembari menyanyi di atas mobil. Setibanya di Sekretariat Gakkumdu, para warga kemudian menyatakan aspirasi lalu melakukan tarian adat.

Koordinator aksi lapangan, Lewi Omaleng mengaku, dirinya mewakili seluruh masyarakat Kabupaten Mimika, meminta agar Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) Kabupaten Mimika untuk memutuskan hasil sidang musyawarah penyelesaian sengketa Pilkada 2018.

“Siapa yang bisa membangun, majukanlah. Saya mau, hari ini prosesnya harus selesai. Yang ada di sini, punya kepentingan ekonomi. Seluruh masyarakat Indonesia ada di timika,” ujarnya saat ditemui Salam Papua di depan sekretariat Gakkumdu.

Lewi mengatakan, para warga yang ikut serta dalam Konvoi terdiri dari masyarakat SP 1, SP 5 dan Mile 32, tidak bermaksud untuk memprovokasi warga Timika lainnya.

“Kami tidak mau memprovokasi seluruh masyarakat Timika sehingga bisa mengorbankan semua masyarakat yang ada. Dan itu yang kita harapkan, semua berjalan aman, damai, selesai sesuai aturan yang ada,” katanya.

Ia pun meminta pada Panwaslu dan Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Mimika untuk bekerja sesuai aturan Undang-undang yang berlaku, lantaran berada dalam naungan demokrasi.

Terkait hal tersebut, Kapolres Mimika, AKBP Indra Hermawan mengimbau agar para demonstran tidak ada yang melanggar hukum selama proses tahapan Pilkada berlangsung.
“Mari kita ikuti dengan tertib dan bersepakat menjaga kota Timika ini aman. Kalau ada yang melanggar hukum maka akan kami tegakkan hukum,” ujar Kapolres. (Salma)
Bagikan ke Google Plus Bagikan ke WhatsApp

0 komentar:

Post a Comment