Sampah Melebihi Kapasitas, TPA Iwaka Akan Diperluas

Bagikan Bagikan
Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Mimika,
Limi Mokodompit

SAPA (TIMIKA) - Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Mimika, Limi Mokodompit, mengakui akan memperluas lahan tempat pembuangan akhir (TPA) yang berada di Iwaka. Sebab, saat ini kondisi sampah di TPA Iwaka sudah banyak menumpuk dan melebihi kapasitas lahan yang di sediakan.

Meski belum memastikan luas lahan yang akan ditambah, tetapi dengan melihat kondisi TPA maka dibutuhkan suatu konsep baru, yaitu Sanitary Landfill. Konsep ini, yakni melakukan penggalian lahan lebih dalam untuk sampah, lalu ditutup dan melakukan penghijauan.

“Kita belum bisa pastikan luas lahan yang harus ditambah itu berapa. Tapi kita butuh peluasan saja, supaya tidak terjadi peluapan dan hal lainnya yang berdampak tidak menguntungkan. Selama ini, di TPA kita itu hanya dibuang begitu saja (Open dumping) dan digusur,” kata Limi saat ditemui di Kantor Pusat Pemerintahan Kabupaten Mimika, SP 3, Distrik Kuala Kencana, Selasa (6/3).

Selain memperluas lahan TPA Iwaka, DLH pun membutuhkan penambahan armada pengangkut dan alat berat untuk mengusur sampah. Sebab, dari sekian banyak unit armada yang tersedia saat ini, kebanyakan kondisinya sudah rusak dan tidak dapat beroperasi setiap harinya.

Meski saat ini dana yang tersedia tidak telalu banyak untuk menjangkau semua program di DLH, tetapi untuk setiap program prioritas khusus penanganan sampah tetap dilaksanakan. Hal ini selain untuk menciptakan lingkungan yang bersih, juga sebagai persiapan menjelang pelaksanaan Pekan Olahraga Nasional (PON) ke XX Papua tahun 2020, serta pencanangan Mimika Go Adipura.

“Kami upayakan agar bisa melaksanakan sebagian program kami. Karena bagaimana pun, kita harus berkomitmen untuk menjadikan Mimika yang indah, bersih dan sehat,” tuturnya. (Acik)
Bagikan ke Google Plus Bagikan ke WhatsApp

0 komentar:

Post a Comment