Senin Depan, 145 Calon Jama’ah Haji Mimika Jalani Tes Kesehatan

Bagikan Bagikan
Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Mimika, Ulter Adrianus
SAPA (TIMIKA) - Sebanyak 145 orang calon jama’ah haji Kabupaten Mimika akan mengikuti tes kesehatan tahap pertama pada Senin (5/3) pekan depan. Tes ini dilakukan oleh Dinas Kesehatan (Dinkes) Mimika melalui Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Mimika serta beberapa klinik yang ditunjuk.

“Intinya hari Senin depan mereka sudah mulai tahap pemeriksaan kesehatan,” kata Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Mimika, Ulter Adrianus, saat ditemui Salam Papua di salah satu hotel bilangan Jalan Cendrawasih, Kamis (1/3).

Secara resmi, calon jama’ah haji Kabupaten Mimika tahun 2018 yang telah terdaftar di Kementerian Agama sebanyak 152 orang. Namun, 7 orang diantaranya mengalami sejumlah masalah, yakni, 2 orang meninggal dunia, 1 orang dalam keadaan sakit dan menjalankan proses cuci darah, 1 orang terkena stroke, 1 orang ada masalah keluarga, sedangkan 2 orang lainnya belum memberikan alasan yang jelas.

“Yang resmi terdaftar ada 145 orang, tapi yang 7 orang dinyatakan gagal kerena ada permasalahan tertentu yang menimpa mereka, seperti sakit, meninggal dan masalah keluarga,” terangnya.  

Utler juga mengakui bahwa, jumlah 145 orang saat ini merupakan jumlah sementara. Karena tidak menutup kemungkinan akan ada lagi penambahan maupun pengurangan jumlah calon jama’ah haji tahun 2018. Hal ini bisa saja terjadi berdasarkan pengalaman yang ada, ketika seorang calon jama’ah haji mengalami sakit keras sehingga berhalangan atau meninggal dunia, bisa saja ada pengganti dari keluarga terdekat. Salah satunya dengan memberikan surat kuasa untuk menggantikan calon jama’ah yang mengalami sakit dan meninggal dunia.

Pada Rabu (14/2) lalu, kata Utler, Kementerian Agama telah melakukan pertemuan bersama Pemkab Mimika dalam hal ini Dinas Kesehatan, Bagian Kesejahteraan Rakyat (Kesra), serta pemangku jabatan lainnya membahas persoalan keberangkatan ratusan calon jama’ah haji Mimika. Ia mengakui, pihaknya belum bisa memastikan sumber tanggungan biaya perjalanan calon jama’ah haji. Akan tetapi, secara lintas kemitraan, pihaknya telah melakukan pertemuan bersama pemerintah setempat.

Setelah melakukan tes kesehatan, ratusan calon jama’ah haji Mimika selanjutnya akan mempersiapkan diri untuk keberangkatan ke tanah suci Makkah pada Juni mendatang setelah perayaan Idul Fitri.

“Jama’ah kita dari Mimika itu kloter sembilan dan bergabung bersama dalam satu pesawat dari jama’ah daerah lain. Tapi yang mengatur kloter, itu nantinya adalah tugas dari Kakanwil (Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Papua),” tuturnya. (Acik)
Bagikan ke Google Plus Bagikan ke WhatsApp

0 komentar:

Post a Comment