Flobamora Kanada dan Kerukunan Toraja Siap Menangkan OMTOB

Bagikan Bagikan



Warga Flobamora Kanada ketika menggelar acara dukungan
SAPA (TIMIKA) – Setelah ditetapkan menjadi calon Bupati dan Wakil Bupati Mimika pada Pilkada serentak tahun 2018, pasangan Eltinus Omaleng dan Johannes Rettob (OMTOB) langsung mendapat dukungan dari berbagai pihak.
Dukungan yang terus mengalir diantaranya datang dari  warga Mimika asal Flores, Sumba, Timor, Rote dan Alor (Flobamora) Kawasan Nawaripi Dalam (Kanada) dan juga dari Kerukunan Keluarga Toraja Timika. Pesatnya pembangunan infrastruktur  di Kabupaten Mimika dalam tiga tahun terakhir, menjadi salah satu alasan dibalik dukungan tersebut.
Sebagai wujud nyata dukungan terhadap pasangan OMTOB yang diusung 12 partai politik, warga Flobamora Kawasan Nawaripi Dalam (Kanada) menggelar ritual adat.
Sebagaimana disaksikan media ini,  kehadiran calon wakil bupati,  Johannes Rettob bersama rombongan pada Kamis (12/4) diterima ratusan warga. Acara dimulai pukul 20.00 WIT yang ditandai ritual adat "kepo" yang dibawakan Tadeus Jehuru (Bapa Cian).
Dalam ritual tersebut,  John Rettob diangkat sebagai putra sulung Flobamora yang ditandai penyerahan ayam jantan (lalong).
Tokoh masyarakat Flobamora Kanada, Kristoforus Luruk dalam sambutannya mengatakan apresiasi kepada bapak John Rettob yang telah meluangkan waktu mengunjungi Nawaripi Dalam.
"Kami di sini merasakan betul gerak pembangunan selama kepemimpinan bapak Bupati Eltinus Omaleng. Kami mendapat bantuan dana desa yang digunakan untuk penimbunan jalan.  Terima kasih untuk perhatian Pemda, " ujarnya.
Ia mengatakan,  yang dibutuhkan warga Nawaripi Dalam saat ini yakni proyek lanjutan penimbunan jalan dan penggalian drainase.
Sedangkan tokoh Flobamora lainnya,  Marselinus Sergius asal Maumere menyatakan,  kehadiran ratusan warga sebagai bentuk dukungan terhadap pasangan OMTOB. Pada kesempatan itu,  Marselinus meminta OMTOB memperhatikan aspirasi warga terutama masalah guru honor dan juga proyek-proyek agar diturunkan ditengah warga. "Supaya dapur warga tetap berasap, " katanya.
Menanggapi dukungan warga,  Bapa John Rettob menyampaikan terima kasih. "Terima kasih atas dukungannya. Kami akan selalu memperhatikan kebutuhan warga. Tahun ini jalan Nawaripi Dalam diaspal,  termasuk Jalan Masbait di kompleks Gaharu, " ujarnya.
Dia berharap Nawaripi Dalam menjadi kota kecil yang menarik minat warga untuk tinggal di tempat tersebut.
Dijelaskan, sekarang ini pemerintah sedang membenahi infrastruktur demi meningkatkan ekonomi masyarakat.
Terkait pendidikan,  sempat direncanakan pembangunan SMP Negeri 8, namun karena terjadi pengurangan APBD sehingga dibatalkan. Dia berjanji SD dan SMP Negeri akan dibangun di Nawaripi Dalam.
Sedangkan mengenai guru honor, John berjanji akan memberikan perhatian khusus. Menurut dia,  pembayaran insentif tenaga guru dan medis sebenarnya bukan jadi persoalan. Ia mengakui demo guru tahun 2017 itu diakibatkan persoalan personal. "Cuma kebijakan dinas pendidikan secara khusus sehingga akhirnya pembayaran insentif tidak jadi. Tapi tahun 2018 sempat dialokasikan,  saya kurang tahu apakah ditetapkan atau tidak. Tapi saya janji kalau terpilih saya dan pak bupati akan perjuangkan insentif dibayarkan,  saya janji, " tuturnya.
Ia mengajak warga Flobamora Nawaripi agar bersama-sama membangun Kabupaten Mimika. "Kita jaga toleransi,  kita jaga keamanan,  kita jaga solidaritas. Mohon doa restu dan dukungan semua pihak supaya lima tahun kedepan pembangunan lebih baik lagi. Tanggal 27 Juni jangan lupa pilih OMTOB, " ujarnya.

Toraja Kerahkan Ribuan Koorwil/Koorlap

Sebagai bentuk dukungan terhadap pasangan OMTOB, Kerukunan Keluarga Toraja Timika mengerahkan ribuan tenaga Koordinator Wilayah (Koorwil)  dan Koordiantor Lapangan (Koorlap) untuk memenangkan kandidat tersebut.
Rapat koorwil dan koorlap keluarga Toraja pada Kamis (12/4) malam, menyebabkan Jln Samratulangi macet total.
Calon Wakil Bupati Johannes Rettob dalam sambutannya menyatakan kagum dengan besarnya dukungan warga asal Toraja tersebut.  Ia mengajak semua pendukung untuk mengedepankan soliditas dan solidaritas agar keamanan dan kenyamanan di Kabupaten Mimika tetap tercipta.
Ia mengatakan,  masih banyak warga yang belum tahu jika pasangan OMTOB sudah dinyatakan lolos. Sehingga ia mengajak korwil dan korlap untuk terus mensosialisasikan OMTOB ditengah masyarakat.
Ia meyakini pada Sabtu akhir pekan ini atau selambat-lambatnya hari Senin awal pekan depan pasangan OMTOB sudah memperoleh nomor urut. "Kalau sudah punya nomor urut kita sudah bisa pasang spanduk dimana-mana, " bebernya. (tim)

Bagikan ke Google Plus Bagikan ke WhatsApp

0 komentar:

Post a comment