Hari Ini, LPMAK Gelar Ibadah Syukur HUT ke-22

Bagikan Bagikan

SAPA (TIMIKA) – Lembaga Pengembangan Masyarakat Amungme dan Kamoro (LPMAK), hari ini (red), Senin (16/4) menggelar Ibadah syukur memperingati HUT ke-22. Dua hari sebelumnya, telah digelar tiga kegiatan yaitu, zumba party, lomba seka, dan lomba tari kreasi Aster. Kegiatan selama dua hari ini berlangsung di Halaman MPCC Timika.
Ketua panitia HUT LPMAK ke-22, Titus Kemong kepada wartawan di gedung MPCC, Jumat (13/4) mengatakan, ulang tahun kali ini berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya. Tidak banyak kegiatan yang dilakukan, karena beberapa hal yaitu menyangkut kondisi keamanan di Kota Timika kurang kondusif. Kemudian menyangkut keuangan, kondisi PTFI juga belum berjalan normal.  Karena itu LPMAK hanya fokus pada puncak perayaan yaitu doa bersama.
“Tahun ini, kami hanya melaksanakan doa bersama yang akan dipimpin oleh Uskup Keuskupan Timika, Mgr. John Philip Saklil,Pr di gedung MPCC,” kata Titus.
Sebelumnya, menyambut HUT ke-22, panitia telah melaksanakan tiga kegiatan yaitu zumba party pada Jumat (13/4), lomba tari kreasi Aster dan lomba seka pada, Sabtu (14/4) yang berlangsung di halaman MPCC.
Coordinator lomba, Ice Maramku menambahkan zumba party mengawali kegiatan menyambut HUT LPMAK ke-22, tahun 2018. Selanjutnya panitia memperlombakan tari kreasi aster dan seka yang hanya diikuti oleh internal LPMAK dan pendukung. Sementara peserta lomba yaitu, Wase Pendukung, Wase Pendidikan dan Kesehatan, Wase Aset dan Investasi, juga Wase Program Ekonomi.
Rangkaian kegiatan menyambut HUT LPMAK ke- 22.
Asisten Wase Ekonomi, Alexander Roy Olikasa mewakili pimpinan LPMAK membuka kegiatan lomba aster di halaman MPCC, Sabtu (14/4).
“Kami berterimakasih kepada panitia kegiatan, karena dengan waktu yang sangat terbatas bisa melaksanakan beberapa kegiatan. Terima kasih juga kepada juri yang sudah meluangkan waktu untuk hadir bersama dalam lomba Aster,”kata Roy.
Roy mengatakan, dalam pertandingan pastinya ada menang dan kalah, tetapi ini semua demi kebersamaan, terutama karyawan/karyawati LPMAK. Semoga dengan moment seperti ini, bisa mempererat hubungan baik supaya dalam aktivitas, persaudaraan semakin erat.
Lomba Aster diikuti enam peserta yaitu, Wase Aset dan Investasi, Sekolah Taruna Papua, Wase Pendukung, CV Blesing Indah Papua (BIP), Wase Ekonomi, juga Wase Pendidikan dan Kesehatan.
Enam peserta lomba dinilai oleh tiga orang juri yaitu Ogan, Ria dan Dian Lenahatu. Untuk lomba aster yang menjadi penilaian juri adalah kekompakan, koreografi dan ekspresi peserta saat menari. Dari enam peserta lomba, hanya lima yang akan menjadi juara.
Juara I diraih oleh Wase Pendidikan dan Kesehatan. Juara II diraih oleh Wase Pendukung, Juara III diraih oleh Sekolah Taruna Papua, Juara Harapan I diraih oleh Wase Aset dan Investasi, harapan II diraih oleh CV Blesing Indah Papua.
Sementara itu, lomba tari Seka dibuka oleh Kepala Biro SDM, Yeremias Imbiri.  “Tujuan utama dari kegiatan ini adalah untuk kebersamaan. Bersama menjalin kekompakan dan kebersamaan ini untuk hal yang lebih baik. Jadi menang atau kalah bukan masalah, bukan yang utama. Tetapi yang terpenting, kita bersama memeriahkan HUT dan terus menjalin persaudaraan,” kata Yeremias.
Peserta lomba tari seka empat regu yaitu CV Blesing Indah Papua, Wase Pendukung, Sekolah Taruna Papua, Wase Aset dan Investasi. Lomba tari seka diiringi oleh music dari Sanggar Amoro yang berjumlah kurang lebih lima orang. Sementara juri untuk lomba seka sebanyak tiga orang yaitu, Dominggu Kapiyau, Silvester Helyanan dan Petrus Nawatipia.
Ketua Juri lomba Seka, Dominggus Kapiyau sebelum membacakan hasil lomba mengatakan, Suku Kamoro dan Amungme mengucapkan banyak terimakasih atas partisipasi peserta yang non Papua dan non Amor, dimana sudah berjuang untuk mengetahui dan mempelajari tarian khas daerah Kabupaten Mimika yaitu tari Seka.
“LPMAK berusaha untuk mengembangkan seni dan budaya dari suku Amungme dan Kamoro. Sehingga kegiatan seperti ini harus terus dilakukan, jika perlu melibatkan semua masyarakat,” katanya.
Juara I diraih oleh Wase Pendukung dengan nilai 1350, Juara II diraih oleh CV Blesing Indah Papua dengan nilai 1300, Juara III diraih oleh Wase Aset dan Investasi dengan nilai 1250, dan Juara Harapan I diraih oleh Sekolah Taruna Papua dengan nilai 1200. (Maria Welerubun)

Bagikan ke Google Plus Bagikan ke WhatsApp

0 komentar:

Post a Comment