Telkom Maksimalkan Dukungan untuk Sekolah Pelaksana UNBK

Bagikan Bagikan
Pertemuan bersama perwakilan Disdik Mimika.

SAPA (TIMIKA) – Meski saat ini terjadi gangguan jaringan di Kabupaten Mimika akibat putusnya kabel laut SMPCS (Sulawesi Maluku Papua System Cable) diperairan Timika-Kaimana, dan kini dalam proses recovery, PT Telkom Timika komitmen memaksimalkan dukungan untuk memperlancar proses Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) yang kini sedang berlangsung.


Dinas Pendidikan (Disdik) Kabupaten Mimika melalui Ketua Panitia Ujian Nasional (UN) SMA/SMK Kabupaten Mimika, Drs Manto Ginting didampingi Koordinator Teknis UNBK, Abraham Letsoin, dan Ketua Musyawarah Kerja Kepala Sekolah (MKKS) Kabupaten Mimika, John Lemauk, Rabu (4/4), mengunjungi kantor Telkom Timika guna melakukan koordinasi terkait dukungan Telkom dalam pelaksanaan UNBK di sejumlah sekolah.


Pada kesempatan itu, Kakandatel Timika, Jangkir Simbiak menyampaikan bahwa, pihaknya selaku Badan Usaha Milik Negara (BUMN) tetap akan semaksimal mungkin memberikan dukungan jaringan kepada dinas pendidikan dalam hal ini sekolah-sekolah pelaksana UNBK.


“Dalam kaitannya dengan proses UNBK di Mimika, kami tetap berupaya untuk mendukung proses kegiatan UNBK ini walaupun tanda kutip, kabel laut SMPCS putus. Yang dilakukan yaitu, Telkom sudah memback up 7-9 sekolah, dan kedepan lagi ada sekolah kami memback up lewat satelit 190 Mbps yang memang di khususkan untuk mendukung proses kegiatan UNBK ini,” kata Kakandatel.


Bahkan, Kakandatel menyampaikan akan terus mengawal demi kelancaran proses UNBK hingga selesai, salah satunya terus melakukan koordinasi dengan para pihak dari dinas pendidikan maupun sekolah pelaksana UNBK.


“Kami akan tetap mengawal proses ujian ini sampai selesai. Jadi, sudah online dari kemarin (Selasa 3/4), kami back up dengan jaringan satelit. Dan dua sekolah yang rencana ujian tanggal 9, SMA Tiga Raja dengan SMA Advent, kami sudah cek juga dan sudah bisa,” ujarnya.


Sementara untuk pelaksanaan UNBK di tingkat SMP, hal yang sama juga akan dilakukan Telkom hingga proses UNBK selesai.


“Kemudian untuk SMP dan lain-lain, kami tetap akan koordinasi dengan dinas atau kepala sekolah untuk bagaimana kelanjutannya nanti. Yang pasti SMA/SMK sesuai dengan informasi dari beberapa contact person atau teman-teman IT, sampai saat ini lancar,” terangnya.


Berdasarkan informasi yang diperoleh Telkom Timika bahwa, gangguan jaringan yang terjadi di Mimika dan Merauke diperkirakan pulih pertengahan April mendatang.


Sementara itu pada kesempatan yang sama, Ketua Panitia UNBK Kabupaten Mimika, Drs Manto Ginting turut menyampaikan apresiasi kepada Telkom Timika atas dukungan yang diberikan demi kelancaran pelaksanaan UNBK di Mimika. Menurutnya, ada suatu keseriusan dari pihak Telkom untuk menyelamatkan anak bangsa yang kini sedang berusaha dalam mengikuti ujian nasional.


“Ada suatu keseriusan dari pihak Telkom. Saya sebagai Panitia UN Kabupaten Mimika mewakili teman-teman panitia yang lain, juga dinas pendidikan sangat apresiasi kinerja daripada Telkom. Walaupun hari pertama masih offline, tapi sudah online hari ini. Kami juga menyampaikan banyak terima kasih, karena kita ini bekerja untuk bangsa, karena kita menyelamatkan anak bangsa,” kata Manto Ginting.


Saat ini, kata Manto, ada ketakutan tersendiri pada anak-anak peserta UNBK di Kabupaten Mimika jika tidak dapat mengikuti UNBK karena adanya gangguan jaringan internet.


“Jangan-jangan karena tidak bisa UNBK ini sampai tidak bisa lulus. Itulah ketakutan anak bangsa. Tetapi karena ada jawaban dari pihak Telkom, itu kami sangat apresiasi sekali,” ujar Manto.


Tiga hari tersisa pelaksanaan UNBK tingkat SMK, dan pada tanggal 9-12 April UNBK SMA juga tanggal 23-36 April UNBK SMP, diharapkan jaringan di Mimika sudah bisa kembali normal seperti sediakala. (Sld/Ervi)
Bagikan ke Google Plus Bagikan ke WhatsApp

0 komentar:

Post a Comment