10 Ton Rastra di Kelurahan Timika Jaya, Khusus Untuk OAP

Bagikan Bagikan
Kepala Kelurahan Timika Jaya
SAPA (TIMIKA) – Kepala Kelurahan Timika Jaya, Abner Flassy mengatakan telah menerima jatah Beras Serjahtera (Rastra) tahun anggaran 2018 sebanyak 10 ton. Rastra akan disalurkan kepada Orang Asli Papua (OAP). Masing-masing Kepala Keluarga (KK) akan mendapatkan 10 Kg.

“Jatah Rastra ini kami prioritaskan kepada keluarga OAP. Sebelumnya RT dan Kelurahan telah melakukan pendataan calon penerima Rastra. Kelurahan menggandeng RT, karena RT yang mengetahui pasti warga mana yang pantas menerima rastra, agar jangan sampai salah sasaran atau warga mapan yang menjadi penerima rastra,”katan Abner saat ditemui di Kantor Pusat Pemerintahan (Puspem) Kabupaten Mimika, Selasa (8/5).

Mekanisme pembagian rastra akan didiskusikan oleh seluruh Ketua RT dan Kepala Kampung. Pembagian tidak menggunakan data dari Badan Pusat Statistik (BPS), karena data yang dikumpulkan BPS tidak tepat sasaran.

“Kami akan suruh ketua RT untuk mendata kembali warga OAP. Selanjutnya melakukan koordinasi dengan pimpinan kami yaitu Kepala Distrik. Kami tidak ingin rastra diterima oleh warga yang merupakan kategori mampu atau mapan,” katanya.

Dia mengharapkan kebijakan yang diambil oleh Kelurahan terkait pendataan ini, dapat memberikan dampak positif. Sehingga pada saat realisasi rastra tidak terjadi kesalahpahaman dan kecemburuan social ditengah masyarakat.

Kepala Dinas Sosial (Dinsos) Mimika, Petrus Yumte mengakui, untuk masing-masing Distrik kuota Rastra yang diperoleh berbeda-beda, karena  tergantung pada jumlah warga penerima manfaat.

Petrus menjelaskan, ketentuan baru yang saat ini berlaku, rastra akan diterima sebanyak 10 kg per KK dan akan diterima setiap tri bulan.

“Tahun ini penyaluran rastra ini akan diberikan per tri bulan. Jadi setiap KK dapat 10 kg. untuk data penerima masih disesuaikan dengan yang dikeluarkan dari BPS,” jelasnya. (Acik)
Bagikan ke Google Plus Bagikan ke WhatsApp

0 komentar:

Post a Comment