300an Pasien Mendaftar di Hari Pertama Sunatan Massal B’Care

Bagikan Bagikan
Kegiatan sunatan massal dan tebar Al Qur'an
SAPA (TIMIKA) - B’Care Medical Center yang bekerjasama dengan Yayasan Amanah Takaful (YAT) resmi membuka kegiatan sosial Sunatan Massal dan Tebar Al Qur’an, Minggu (13/5). Kegiatan yang dipusatkan di Klinik B’Care, Jalan Budi Utomo ini dibuka secara resmi oleh perwakilan dari Pengurus Besar Ikatan Dokter Indonesia (PB IDI), dalam hal ini Ketua Biro Hukum, Pembinaan dan Pembelaan Anggota (BHP2A), Dr. HN. Nazar, Sp.B, MH.

Kegiatan sosial ini tadinya direncanakan berlangsung dari tanggal 13 hingga 15 Mei 2018, namun dengan target 500 pasien sekaligus kontrol medis terhadap pasien pasca-sunatan, maka, waktu diperpanjang hingga tanggal 20 Mei 2018 mendatang.

Sebagai penyadang dana dalam kegiatan ini, dalam pembukaan kegiatan turut dihadir Ketua Yayasan Amanah Takaful, Ernawan Prianto. Selain itu hadir pula perwakilan dari Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kabupaten Mimika, Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Mimika, Ketua Dewan Kesejahteraan Masjid (DKM) Kabupaten Mimika, perwakilan Pengurus Besar Himpunan Mahasiswa Islam (PB HMI), Deputi BPJS Kesehatan dan para pihak terkait.

Ketua Panitia kegiatan Sunatan Massal dan Tebar Al Qur’an dari B’Care Medical Center, Dr Hadi Susanto, SE, SpPA dalam sambutannya mengatakan, teknologi baru yang digunakan dalam kegiatan sunatan massal lebih praktis, selain mengurangi rasa sakit, tingkat kesembuhan jauh lebih cepat dibanding metode sunat sebelumnya.

“Ini teknologi baru, jadi lebih cepat dan rasa sakitnya nggak ada. Kemudian tidak ada pendarahan, kemudian anaknya bisa langsung main futsal dua hari lagi. Adapun pembagian 1.000 Al Quran akan kita atur bersama-sama dengan Dewan Kesejahteraan Masjid kemudian dari MUI setempat,” katanya.

“Insha Allah yang mau daftar (Sunat) dan belum daftar kemarin, mau daftar sekarang, mau daftar besok, mau daftar lusa, silahkan. Karena jumlahnya sampai saat ini berkisar baru mencapai sekitar 300an, sedangkan targetnya 500,” imbuhnya.

Dalam sambutan Ketua Yayasan Amanah Takaful, Ernawan Prianto mengatakan, kedatangan pihaknya ke Mimika karena adanya rasa cinta kita kepada sesama umat muslim di Kabupaten Mimika. Dimana, selain pembagian 1.000 Al Qur’an, pihaknya juga bekerjasama dengan rumah sunatan (Selaku tim medis yang dipimpin Dr M. Iqbal El Mubarak) untuk melaksanakan kegiatan sunatan massal di B’Care Medical Center.

“Kita tergerak untuk datang kesini, kita silaturahim. Insha Allah kami akan bawa kesini 1.000 Al Qur’an. Juga penyampaian bahwa disini anak-anak kita banyak yang belum berkhitan, sehingga kami kerjasama dengan rumah sunatan kita menyelenggarakan sunatan, target kita memang 500 anak yang akan di khitan,” terangnya.

Sunat atau khitan, kata Dr. HN. Nazar, Sp.B, MH dalam sambutannya, memang telah dianjurkan dan menjadi pakaian (pelindung) sejak nabi Ibrahim As mendeklarasikannya bahwa menjadi suatu yang sunnah. Sesuatu yang sunnah itu dimaksudkan kepada siapa saja yang peduli akan kepentingan kesehatan baik jasmani maupun rohani.

“Saya sangat berharap bahwa pentingnya mencegah penyakit, khususnya penyakit yang berkaitan dengan penyakit kelamin, salah satunya adalah selain keteguhan iman, tentu adanya upaya secara fisik, yaitu melakukan khitan atau sunat,” katanya.

“Jadi, sangat tidaklah berlebihan seandainya semua menginginkan khitan atau sunat ini tidak hanya bermanfaat, tidak hanya ditujukan kepada anak-anak kita yang muslim, tapi juga untuk semua saudara kita yang peduli dan memang menginginkan pencegahan terhadap kemungkinan tertularnya penyakit menular, yang semakin hari di dunia ini semakin menjadi terjangkit. Salah satu caranya adalah, kami dari PB IDI sebagai unsur kesehatan sangat-sangat mensupport kegiatan ini dan sangat mengajurkan,” imbuhnya.

Kegiatan hari pertama, berdasarkan pantau Salam Papua, antusias masyarakat cukup tinggi mengikuti kegiatan sunatan massal. Dimana, acara pembukaan yang dimulai pada pukul 11.00 WIT, namun sudah sejak pagi hari para pendaftar yang rata-rata terdiri dari orang tua anak-anak yang akan di sunat sudah memenuhi halaman B’Care Medical Center untuk mendaftar ulang, bahkan ada juga yang baru mendaftarkan anaknya. (Sld)
Bagikan ke Google Plus Bagikan ke WhatsApp

0 komentar:

Post a Comment