‘An Papuan’ Akan Sumbangkan Sepatu Sekolah ke Membramo dan Tolikara

Bagikan Bagikan
Komunitas An Papuan
SAPA (TIMIKA) -  Komunitas Anak Papua Mimika  atau ‘An Papuan’ akan menyalurkan seribu sepatu khusus anak sekolah ke Distrik  Kobakma di Kabupaten Membramo Tengah dan Tolikara.

Ketua An Papuan wilayah Mimika, Lady Kawer mengatakan, sebelum bantuan awal berupa seribu sepatu untuk anak sekolah disalurkan, akan  didahului dengan menggelar kegiatan malam donasi yang akan dilakukan di Waanal Coffee dan Resto, Jalan Poros SP3, Distrik Kuala Kencana, Sabtu (5/5) mendatang.

“Rencananya akan kami sumbangkan sepatu untuk anak sekolah itu tanggal 17 Mei mendatang. Tetapi pada Sabtu malam yang akan datang, kami akan gelar malam donasi di Waanal Coffee sebagai langkah awal kami membuat gerakan mengumpul seribu sepatu dan dana  untuk biaya distribusi ke dua wilayah tersebut di atas,” ungkap Lady saat ditemui di Waanal Coffee dan Resto, Selasa (1/5).

Lady mengatakan, saat ini yang telah tergabung dalam komunitas An Papua di Mimika telah mencapai 20 orang. An Papuan yang dibentuk tanggal 1 Maret 2018 lalu ini, bukan hanya beranggotakan anak atau pemuda yang lahir dan besar di Papua, namun juga siap menerima siapapun yang memiliki kepedulian terhadap tanah Papua termasuk persoalan kemanusiaan.

“An Papua terbentuk karena kepedulian  terhadap anak-anak Papua,  khusus yang ada di semua pedalaman.  An Papuan didirikan oleh Echa Sakrim dan Dimas Royer yang merupakan mahasiswa Kedokteran di Universitas Cenderawasih (Uncen). Rekan-rekan di wilayah lain, sudah ada yang menggelar berbagai cara penggalangan dana, baik melalui penjualan baju kaus, stiker, pegelaran seni melalui malam donasi dan yang lainnya. Sepatu yang akan kami kumpulkan nanti bukan hanya sepatu bekas, tapi juga sangat bersyukur jika ada yang memberikan sepatu-sepatu baru,” katanya.

Ia  menjelaskan nama komunitas ini berasal dari bahasa Dani,  ‘An berate saya dan Papuan/Papua’. Dengan demikian menurut dia, ‘An Papuan’ berarti Saya anak Papua. 
Komunitas An Papuan
“Saat ini An Papuan sudah ada di kurang lebih 13 wilayah di Papua. Ada juga yang di Jakarta. Yang dari Jakarta itu sudah mengirimkan sepatu baru ke Jayapura untuk nanti disumbangkan ke Membramo dan Tolikara,” katanya.

Sedangakan Koordinator malam donasi  yang akan digelar Sabtu nanti, Rolan mengatakan, tujuan utama dari pegelaran malam donasi untuk pengumpulan sepatu dan penggalangan dana agar donasi seribu sepatu bisa terwujud. Dengan demikian, malam donasi ini akan mengundang banyak pemuda atau komunitas muda lainnya di mimika.

Selain itu, malam dionasi juga akan dibuat dengan konsep santai. Dalam hal ini akan ada live music, games serta tampilan beberapa band termasuk Ricy and Friends (D’Vier Band), Andri and Friens (Jiva Band).

“Intinya Sabtu malam nanti merupakan malam puncak pengumpulan donasi sepatu ini. Tapi nanti malam donasi ini akan kami buatkan konsep santai, live musik serta memperkenalkan An Papua kepada para pengunjung,” jelasnya. (Acik)
Bagikan ke Google Plus Bagikan ke WhatsApp

0 komentar:

Post a Comment