Dana Otsus Harus Menyentuh Langsung Masyarakat Papua

Bagikan Bagikan
Ketua DPRD Kabupaten Mimika, Elminus B. Mom
SAPA (TIMIKA) - Ketua DPRD Kabupaten Mimika, Elminus B. Mom mengatakan, dana otonomi khusus (Otsus) untuk Kabupaten Mimika tahun 2018 mencapai lebih dari 100 milyar. Menurutnya, dana yang ada tersebut harus dikelola secara baik, dan dapat diberikan kepada masyarakat Papua untuk mengelolanya, agar dapat menyentuh langsung ke masyarakat.

“Hasil studi banding di Aceh bahwa, dana otsus di daerah tersebut langsung dikelola oleh masyarakat. Sehingga tampak pembangunan yang meningkatkan taraf hidup masyarakat,” kata Elminus kepada Salam Papua saat ditemui di Gedung DPRD Mimika, Kamis (3/5).

Elminus meminta agar Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Mimika tidak sembarangan menggunakan dana otsus. Apalagi, kata dia, pembagian dana otsus sudah disampaikan langsung pada setiap Organisasi Perangkat Daerah (OPD). Dimana, anggaran paling besar ada pada Dinas Pendidikan dan Dinas Kesehatan.

"Dana Otsus itu sudah dibagi kepada setiap OPD. Dinas pendidikan dan kesehatan mendominasi pos pembagian dana otsus," katanya.

Oleh karena itu, pengelolaan program dari dana otsus untuk pemberdayaan masyarakat Papua sangat perlu dilakukan untuk meningkatkan perekonomian masyarakat. Begitu juga, kata Elminus, pemberian modal harus dapat diberikan kepada mama-mama Papua untuk meningkatkan usaha. Begitu juga untuk kaum bapak-bapak dalam meningkatkan seni budaya lokal melukis dan mengukir.

"Penggunaan dana otsus itu harus untuk meningkatkan perekonomian masyarakat Papua. Berikan mereka modal dalam menunjang usaha mereka, terutama mama Papua," katanya.

Selama ini, menurutnya, penggunaan dana otsus di Papua tidak pernah menyentuh masyarakat Papua sendiri. Padahal dana tersebut diperuntukkan guna meningkatkan kesejahteraan orang Papua. Pengelolan dana otsus oleh pemkab dinilai hanya untuk menjalankan program prioritas pemerintah, bukan prioritas untuk masyarakat. Di mana, penggunaan dana otsus bisa untuk pembangunan fisik, tetapi harus lebih kepada peningkatan perekonomian masyarakat Papua.

"Untuk tahun ini penggunaan dana otsus tidak boleh lagi main-main. Gunakan dana tersebut langsung menyentuh masyarakat Papua," tegasnya. (Tomy)
Bagikan ke Google Plus Bagikan ke WhatsApp

0 komentar:

Post a Comment