Discapil Siap Sandingkan Data Hasil Verifikasi dengan SIAK

Bagikan Bagikan
Warga ketika megurus dokumen kependudukan di Discapil.
SAPA (TIMIKA) – Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Discapil) Kabupaten Mimika, Jhon Wicklif Tegai mengatakan, pihaknya masih menunggu data hasil verifikasi untuk penetapan Daftar Pemilih Tetap (DPT) oleh Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPU). Sebab, dari data hasil verifikasi tersebut, nantinya akan disandingkan dengan data yang ada pada Sistim Administrasi Informasi Kependudukan (SIAK) untuk selanjutnya dilakukan penetapan DPT Mimika.

 “Kami menunggu data verifikasi dari PPDP, PPS yang dikonfirmasikan ke KPUD. Kalau KPUD sudah serahkan data itu, maka kami akan sandingkan dengan data SIAK kami. Selanjutnya nanti dibawakan dalam pleno penetapan,” kata Jhon saat ditemui di kantor Discapil, Senin (30/4).

Ia mengatakan, persoalan data DPT dan Daftar Pemilih Sementara (DPT) merupakan tanggungjawab penyelenggaran pilkada. Discapil dalam hal ini hanya membantu penyelenggara dalam melakukan verifikasi dan validasi data.

“Intinya, bicara persoalan DPT dan DPS itu merupakan kewenangan KPUD, karena sejak kemendukcapil menyerahkan data DPT setiap provinsi ke KPU pusat, maka itu sudah merupakan urusan politik. Berarti discapil sama sekali tidak berurusan dengan persoalan itu. Kalau soal data nama dan tanggal lahir, maka kita harus pastikan harus memiliki NIK, sehingga kita cetak berupa surat keterangan (Suket) sebagai aspek legalitas DPT dan DPS,” terangnya.

Berdasrkan peraturan secara nasional, penyelengaraan pilkada tidak terlepas dari keabsahan data pemilih. Oleh karena itu upaya yang dilakukan discapil dalam penyelenggaraan pilkada di Mimika hanya sebatas menyiapkan data kependudukan bagi warga yang benar-benar menetap di Mimika.

“Jadi kalau ada orang ikut pemilihan dengan data yang tidak terdaftar di discapil, maka itu perlu dipertanyakan. Karena orang dari daerah lain tidak mempunyai hak pilih di Mimika,” ujarnya. (Acik)
Bagikan ke Google Plus Bagikan ke WhatsApp

0 komentar:

Post a Comment