DPRD Apresiasi Pengiriman Tenaga Kesehatan Ke Pesisir

Bagikan Bagikan
Anggota Komisi C Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Mimika, Thadeus Kwalik.

SAPA (TIMIKA) – Anggota Komisi C Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Mimika, Thadeus Kwalik, mengapresiasi langkah Dinas Kesehatan (Dinkes) yang mengirim 28 tenaga medis ke pesisir pantai untuk mengatasi permasalahan kesehatan warga.

“Ini merupakan langkah yang tepat. Selama ini, banyak keluhan warga terkait masalah kesehatan. Kita berharap hal ini menjawab masalah tersebut,” kata Thadeus kepada Salam Papua di Kantor DPRD, Jumat (25/5).

Menurutnya, masalah pelayanan kesehatan selama ini masih tetap menjadi kendala. Dengan adanya pengiriman tenaga medis maka dapat membantu tenaga kesehatan sukarelawan yang sudah lama bekerja di daerah pesisir.

“Saya lihat ada tenaga kesehatan sukarelawan yang sudah bekerja bertahun-tahun di daerah pesisir seperti Agimuga tepatnya di Kampung Amungun. Sampai saat ini masih mengabdi walaupun tidak dibayar. Tenaga medis yang dikirim ini kita minta agar ada yang ditempatkan di daerah tersebut,” ujarnya.

Penempatan tenaga kesehatan yang di kirim Dinas Kesehatan, kata Thadeus, harus sesuai kebutuhan yang ada. Dinas harus dapat melihat kampung yang sangat membutuhkan tenaga kesehatan untuk dapat melayani atau memberikan pelayanan kesehatan.

Kampung-kampung yang ada di daerah pesisir, masih banyak yang tidak tersentuh secara baik dari segi pelayanan. Permasalahan tenaga kesehatan yang sering tidak berada di tempat harus terjawab dengan di kirimnya para tenaga medis terserbut.

“Selama ini, banyak keluhan masyarakat di pesisir, bahwa tenaga kesehatan tidak berada di tempat. Dengan adanya program ini, maka hal itu dapat diatasi,” tutur Thadeus.

Selain itu, lanjut Thadeus, para tenaga medis yang dikirim harus diatur dengan baik, agar kekosongan tenaga medis di tempat kerja tidak menjadi masalah lagi.

“Saya pikir mekanisme pengaturan itu, dinas yang lebih tahu. Kami DPRD yang membidangi kesehatan mendukung hal tersebut. Karena hal ini untuk kepentingan masyarakat,” tambahnya.

Dinkes Kabupaten Mimika akan mengirim sebanyak 28 orang tenaga medis atau kesehatan ke daerah pesisir. Tenaga medis ini meliputi, tenaga perawat, analis, dan farmasi. Para tenaga medis akan di kirim dan mengisi Pustu atau puskesmas yang ada di daerah pesisir Kabupaten Mimika. (Tomy)
Bagikan ke Google Plus Bagikan ke WhatsApp

0 komentar:

Post a Comment