DPRD Pertanyakan Dasar Pembatalan Penetapan DPT

Bagikan Bagikan
Anggota Komisi A Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Mimika, Markus Timang 
SAPA (TIMIKA) – Anggota Komisi A Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Mimika, Markus Timang mempertanyakan dasar pembatalan penetapan Daftar Pemilih Tetap (DPT) Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Kabupaten Mimika.

“KPU membatalkan penetapan DPT, dasarnya apa? Kita tidak tahu,” kata Markus di Kantor DPRD, Jalan Cenderawasih,  Jumat (18/5).  

Ia menilai,  KPU Mimika melakukan pembatalan penetapan DPT  juga karena ada kesalahan dari Dinas catatan sipil (Discapil) Kabupaten Mimika. Menurutnya, Pemerintah kurang bekerja maksimal dalam melakukan pendataan jumlah penduduk di Kabupaten Mimika.

“Pemerintah jangan kerjanya abal-abal, sehingga fakta yang terjadi seperti saat ini. Data yang digunakan tidak valid,” ujarnya.

Markus meminta KPU Mimika menetapkan DPT menggunakan DPT yang lama. Pasalnya,  tidak boleh terjadi jumlah DPT yang ditetapkan kurang dari DPT yang lama.

Apabila dilakukan pendataan kembali, Markus menilai, tidak akan cukup waktu.

“Gunakan DPT yang lama saja,” katanya.

Menurutnya, Pemerintah tidak memberdayakan dinas terkait sesuai tupoksinya. Saat ini 18 distrik di Kabupaten Mimika belum terkomodir dengan baik dalam DPT. Waktu yang sudah sangat mepet ini, tidak akan cukup untuk melakukan pemutahiran data secara maksimal.

“Waktu sudah mepet. Sesuai jadwal tahapan Pilkada waktu pencoblosan akan dilaksanakan bulan depan, sehingga tidak ada waktu lagi,” tuturnya.

Namun, lanjut Markus, apapun yang menjadi keputusan KPU harus di hormati. Tidak boleh ada intervensi dari pihak manapun. Apabila itu dilakukan maka sudah bertentangan dengan aturan yang ada.

Terkait masih adanya proses hukum yang sedang berjalan oleh salah satu pasangan, Markus menilai, hal itu tidak menjadi masalah. Ia mengatakan, proses hukum jalan terus dan tahapan juga harus jalan.

“Kita berharap proses hukum dapat segera selesai, agar tahapan dapat berjalan dengan baik,” ujarnya. (Tomy)
Bagikan ke Google Plus Bagikan ke WhatsApp

0 komentar:

Post a Comment