Ketua KPU Mimika Tidak Dapat Terlibat Pengambilan Keputusan

Bagikan Bagikan
Komisioner KPU Provinsi Papua, Divisi Hukum, Tarwinto 
SAPA (TIMIKA) – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Papua menegaskan kepada Ketua KPU Kabupaten Mimika, Theodora Ocepina Magal,  untuk tidak dapat terlibat dalam pengambilan keputusan terkait Pilkada 2018 di Mimika.

Penegasan tersebut melalui surat, yang juga diterima Salam Papua, dengan perihal: Asas Profesionalitas Penyelenggara Pemilu dengan Nomor /PL.04-SD/Prov/V/2018, Jumat (18/5).

Komisioner KPU Provinsi Papua, Divisi Hukum, Tarwinto mengatakan, pihaknya mengeluarkan surat tersebut untuk menjaga indenpendensi lembaga penyelenggara pemilihan umum.

“Ini hanya untuk menjaga netralitas dan independensi lembaga. Secara tidak langsung, Ketua KPU Mimika memiliki hubungan kekeluargaan dengan Hans Magal, salah satu pasangan yang baru-baru ini dinyatakan Tidak Memenuhi Syarat (TMS),” ujarnya.

Adapun dalam surat tersebut menyatakan, pertama, berdasarkan ketentuan pasal 14 huruf a Peraturan KPU, Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) dan Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu (DKPP) Nomor Tahun 2012, Nomor 11 Tahun 2012 Nomor 1 Tahun 2012 tentang Kode Etik Penyelenggara Pemilu menyatakan bahwa dalam rangka melaksanakan asas profesionalitas penyelenggara pemilu diwajibkan untuk mengumumkan adanya hubungan atau keterkaitan pribadi yang dapat menimbulkan situasi konflik kepentingan dalam pelaksanaan tugas penyelenggara Pemilu.

Kedua, berdasarkan hal tersebut angka 1 (Satu), mengingat Sdri. T. Ocepina Magal Ketua KPU Kabupaten Mimika memiliki hubungan keluarga secara langsung dengan salah satu Calon Bupati yaitu Sdr. Hans Magal yang telah ditetapkan tidak memenuhi syarat, maka sepanjang proses hukum dalam Tahapan Penyelenggaraan Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Mimika tahun 2018 khusus terhadap Calon yang bersangkutan disampaikan agar Sdri. T. Ocepina Magal agar tidak  berpendapat atau mengambil Keputusan.

Ketiga, bahwa terkait proses administrasi sesuai kewenangan tetap dilaksanakan oleh Ketua KPU Kabupaten Mimika sesuai Ketentuan yang berlaku.

Sebelumnya, Ketua KPU Mimika, Theodora Ocepina Magal, pun sudah membuat surat peryataan ketidakberpihakan, sebagai bukti dan mempertegas adanya penilaian dari masyarakat yang mengatakan Ketua KPUD Mimika tidak netral. Penilaian ini dikarenakan adanya balon Bupati yang merupakan saudara kandungnya.

“Memang benar saya memiliki hubungan kekeluargaan (adik kandung) dari Hans Magal, yang merupakan Balon Bupati Kabupaten Mimika Tahun 2018,” ujarnya beberapa waktu lalu saat Deklarasi Pilkada Damai, di Lapangan Timika Indah.

Ia mengatakan, dengan adanya hubungan kekerabatan ini, maka dirinya menyatakan tidak berpihak kepada salah satu Balon atau Paslon. Dan akan menjalankan tugas dan tanggung jawab sebagai Ketua KPU Kabupaten merangkap anggota KPUD Mimika dengan asas, mandiri, jujur, adil, kepastian hukum, tertib, kepentingan umum, proporsionalitas, akuntabilitas, keterbukaan, profesionalitas, efisiensi; efektivitas, dan aksesibilitas.

"Saya akan menjalankan tugas pokok dan tanggung jawab, sebagai Ketua KPUD Mimika dengan menjunjung tinggi 14 asas yang ada," ujarnya. (Salma)
Bagikan ke Google Plus Bagikan ke WhatsApp

0 komentar:

Post a Comment