Massa Pendukung Philbas Padati Gerbang Masuk Halaman Eme Neme

Bagikan Bagikan
Massa pendukung Philbas di depan gerbang masuk halaman Graha Eme Name Yauware.
SAPA (TIMIKA) - Ratusan massa pendukung pasangan Philipus Wakerkwa-H. Basri (Philbas) memadati gerbang masuk halaman Graha Eme Neme Yauware lantaran menunggu kepastian pleno verifikasi jumlah dukungan perseorangan pasangan calon bupati dan wakil bupati Mimika periode 2018-2023 yang sedianya dijadwalkan pada pukul 15.00 WIT oleh KPU Kabupaten Mimika.

Kendati demikian, jadwal tersebut mengalami kemunduran hingga pukul 21.00 WIT, lantaran KPU harus melaksanakan pleno penetapan Daftar Pemilih Tetap (DPT) Pilkada Mimika terlebih dahulu.

Dari hasil pantauan Salam Papua, setelah DPT untuk Pilkada Mimika sudah ditetapkan, massa Philbas masih memadati gerbang masuk Eme Neme Yauware. Kendati demikian, beberapa tamu undangan yang menghadiri pleno penetapan DPT, meminta kepada aparat keamanan yang menjaga pintu keluar halaman Eme Neme untuk turut membantu.

Bakal calon bupati dari pasangan Philbas, Philipus Wakerkwa yang ditemui di Graha Eme Neme Yauware mengatakan, massa pendukungnya yang memadati pintu masuk halaman Eme Neme Yauware merupakan bentuk dukungan kepada pasangan Philbas. Ia memastikan bahwa massa pendukunganya tidak akan sampai melakukan tindakan yang berlebihan atau anarkis.

"Mereka kesini untuk membela dan mendukung kami (Philbas) yang sampai saat ini tidak mendapat kejelasan mengapa kami dinyatakan tidak memenuhi syarat (TMS). Padahal jumlah dukungan kami melebihi syarat, yaitu 22.273 dukungan," ujarnya saat ditemui wartawan di gedung Eme Neme Yauware.

Sebelumnya, Philipus telah meminta kepada para pendukung agar hanya perwakilan saja yang datang. Namun faktanya justru perwakilan bersama massa pendukung yang antusias mendatangi Graha Eme Neme Yauware. Dengan banyaknya jumlah pendukung pasangan Philbas yang datang, semakin membuat Philbas merasa yakin untuk menuntut jumlah dukungan suaranya yang dianggap telah dihilangkan.

"Sebelumnya kan sudah dilakukan verifikasi oleh KPU Provinsi di hotel Horison. Tapi sampai sekarang suara kita itu tidak dikembalikan. Kita sebenarnya sudah sampaikan bahwa massa tidak usah terlalu banyak, tapi hanya perwakilan-perwakilan saja yang datang untuk dengar," ujarnya.

Hingga Rabu malam pukul 23.59 WIT, KPU Mimika masih sementara melaksanakan pleno hasil verifikasi perhitungan dukungan suara pasangan Philbas. (Salma)
Bagikan ke Google Plus Bagikan ke WhatsApp

0 komentar:

Post a Comment