Panwaslu Mimika Terima Dana Hibah Rp 10 M dari Pemkab

Bagikan Bagikan
Ketua Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Provinsi Papua, Peggy Watimena 
SAPA (TIMIKA) – Ketua Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Provinsi Papua, Peggy Watimena mengatakan, Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) Kabupaten Mimika sudah menerima dana hibah dari Pemerintah Kabupaten (Pemkab)  Mimika sebesar Rp 10 miliar.

“Total yang sudah dicairkan yaitu Rp 10 miliar dan itu dilakukan secara bertahap, tahap dua ini kami terima sebesar Rp 6 miliar,” ujarnya saat ditemui wartawan di salah satu hotel, Jalan SP II, Rabu (9/5) lalu.

Ia mengatakan, sebelumnya Panwaslu Mimika memangkas beberapa kegiatan yang ada di 18 distrik Kabupaten Mimika lantaran mendapatkan dana hibah  tahap awal hanya Rp 4 miliar.

“Dana tahap awal lalu, dinilai masih kurang untuk membiaya Panitia Pengawas yang ada di 18 Distrik, makanya ada beberapa kegiatan yang harus kita pangkas,” katanya.

Sementara itu, untuk memberikan pertanggungjawaban yang sesuai berdasarkan dana yang sudah diterima, Bawaslu Provinsi mengadakan kegiatan pembinaan pelaporan pertanggungjawaban kesekretarian dan penguatan kapasitas bagi Pengawas Distrik se-Kabupaten Mimika.

Peggy mengatakan, Panwaslu Kabupaten wajib membuat laporan pertanggungjawaban dan melaporkannya kepada Bawaslu Provinsi. Sehingga dana hibah yang diperoleh dari APBD, terealisasikan menjadi APBN.

“Proses pelaporan itu dibuat oleh Panwas Kabupaten ke Bawaslu Provinsi dan laporan itu akan di laporkan kepada Pemda. Sehingga dana yang dicairkan harus ada pertanggung jawabkan dengan jelas,” ujarnya.

Ia menambahkan, inti pengelolaan keuangan adalah menerima dan melaporkan anggaran. Dimana, dana hibah yang diberikan kepada penyelenggara pemilu maupun pengawas pemilu harus direalisasikan dengan baik guna menyukseskan seluruh tahapan yang ada.

“Laporannya juga berpengaruh pada proses pertanggungjawaban selanjutnya ke provinsi. Sehingga diharapkan mereka bisa mengikuti kegiatan ini dengan baik dalam proses penggunaan keuangan,” ujarnya. (Salma)
Bagikan ke Google Plus Bagikan ke WhatsApp

0 komentar:

Post a Comment