Pemkab Diminta Fokus Bangun Perumahan Layak Huni Bagi OAP

Bagikan Bagikan
Ketua DPRD Mimika, Elminus B. Mom.
SAPA (TIMIKA) – Ketua DPRD Kabupaten Mimika, Elminus B. Mom meminta kepada Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Mimika untuk fokus pengadaan pembangunan perumahan sehat bagi masyarakat Mimika, khususnya orang asli Papua (OAP).

Selain itu, dalam pengadaan pembangunan perumahan sehat bagi masyarakat, pemkab pun diminta tidak hanya mengandalkan anggaran dari dana otonomi khusus (Otsus) semata. Sebab, selama ini menurutnya, untuk pembagunan perumahan masyarakat pemkab hanya mengandalkan dana otsus, padahal dari dana APBD pun bisa dilakukan.

“Pemerintah harus fokus pada pengadaan pembangunan perumahan sehat bagi masyarakat, khususnya OAP,” kata Elminus kepada Salam Papua di Gedung DPRD Mimika, Jalan Cenderawasih, Rabu (23/5).

Sudah seharusnya, kata Elminus, pemkab menyiapkan perumahan untuk masyarakatnya karena telah banyak masyarakat tinggal dalam satu rumah mencapai tiga sampai empat kepala keluarga (KK). Hal seperti ini tentunya dianggap sudah tidak sehat lagi. Bahkan di perparah lagi dengan tipe rumah yang tidak layak untuk huni, hal ini harusnya menjadi fokus bagi pemerintah untuk memperhatikan masyarakatnya.

“Pemerintah harus siapkan perumahan sehat bagi warganya, dan pemerintah harus bertanggungjawab terhadap hal ini,” ujarnya.

Perumahan sehat, kata Elminus, pemerintah harus membangunnya dengan tipe 45. Tipe ini dinilai standar atau layak untuk dihuni. Selama ini, menurutnya, pembangunan perumahan untuk masyarakat kebanyakan tidak layak huni, yakni dengan tipe yang sangat kecil dari yang seharusnya.

Jika dibandingkan soal pembangunan perumahan layak huni kepada masyarakat, kata Elminus, justru Lembaga Pengembangan Masyarakat Amungme dan Kamoro (LPMAK) melalui biro ekonomi, kini sudah mempersiapkan pembangunan perumahan layak huni untuk masyarakat.

“Saat ini LPMAK sudah fokus pada pembangunan perumahan bagi masyarakat. Pemerintah juga harus melihat hal ini,” katanya.

Langkah yang diambil LPMAK itu, harus diikuti oleh Pemkab Mimika, dimana pemkab harus dan sanggup menyediakan perumahan bagi masyarakatnya. Oleh karena itu, Elminus berharap pemkab mampu memanfaatkan APBD untuk pembangunan perumahan sehat bagi masyarakat, sehingga DPRD pun akan mendorong agar pemanfaatan APBD untuk perumahan masyarakat dapat terealisasi.

“Dalam perubahan nantinya akan didorong. Pemda dan DPRD harus membahas hal ini agar dapat terealiasi dengan cepat,” tuturnya. (Tomy)
Bagikan ke Google Plus Bagikan ke WhatsApp

0 komentar:

Post a Comment