Pemkab Tidak Sediakan Dana Running Air Bersih Tertunda

Bagikan Bagikan
Anggota komisi C DPRD Kabupaten Mimika, Hadi Wiyono.
SAPA (TIMIKA) - Anggota komisi C Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Mimika Hadi Wiyono mengatakan, rencana running air bersih untuk 500 warga Timika tertunda karena tidak ada  keberpihakan anggaran untuk membiayai dana operasional.

"Untuk tahun ini tidak ada dana yang dianggarkan untuk melanjutkan pembangunan air bersih untuk warga Mimika. Hal ini mengakibatkan tertundanya running air bersih," kata Hadi Wiyono kepada wartawan di Gedung DPRD, Jalan Cenderawasih, Rabu (23/5).

Menurutnya, banyaknya keluhan warga terkait belum dapat menikmati air bersih, harus disikapi baik oleh Pemerintah Daerah (Pemda).

Apabila hal ini tidak secepatnya direalisasikan, terkesan Pemda tidak serius untuk melaksanakan program pengadaan air bersih untuk warga Timika.

"Dalam hal ini di tuntut keseriusan Pemda untuk melanjutkan program air bersih untuk warga Mimika," ujarnya.

Menurut Hadi, seharusnya Pemda menyediakan anggaran berupa biaya operasional untuk running air bersih tahap pertama. Dana tersebut dapat diambil dari APBD tahun 2018.  Namun nyatanya tidak dianggarkan sama sekali untuk kelanjutan program tersebut.

"Sangat disayangkan apabila harus menunggu running air bersih dilakukan secara menyeluruh. Mestinya program tersebut dilakukan secara bertahap," tuturnya.

Terkait belum siapnya PT Freeport Indonesia untuk menjalankan program tersebut, dibantah oleh  Hadi Wiyono. Menurutnya, PT Freeport sudah siap, hanya saja Pemda Mimika tidak serius untuk melanjutkan program tersebut.

Ia mengatakan, dalam pembahasan APBD perubahan nantinya, anggota DPRD tetap memperjuangkan untuk anggaran kelanjutan program pengadaan air bersih tersebut.

"Kita tetap konsisten agar program ini dapat berjalan secepatnya. Apabila program ini berjalan, maka tentunya dapat meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD) Kabupaten Mimika," ungkapnya. (Tomy)
Bagikan ke Google Plus Bagikan ke WhatsApp

0 komentar:

Post a Comment