Perlancar Komunikasi, Kominfo Akan Salurkan Radio Repeater ke 3 Distrik

Bagikan Bagikan
Ilustrasi Radio Repeater
SAPA (TIMIKA) – Guna memperlancar komunikasi dan informasi dalam urusan pemerintahan dan lainnya, tahun 2018 ini Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Kabupaten Mimika akan membagikan masing-masing satu unit radio repeater atau Radio Pemancar Ulang (RPU) ke Distrik Kokonao, Amar dan Kapiraya.

Kepala Bidang (Kabid) Persandian pada Kominfo Mimika, La Samudi mengatakan, pengadaan ini dialakukan secara perlahan dengan target hingga tahun 2019 radio repeater bisa menjangkau ke semua distrik untuk pemenuhan kebutuhan informasi dan komunikasi.

“Sebetulnya sejak beberapa tahun terakhir, di semua distrik se Mimika telah dibagikan radio SSB, tapi yang sampai saat ini yang berfungsi dengan baik hanya di beberapa distrik saja,” katanya saat diwawancara usai pelaksanaan diskusi lintas pengelola radio se Mimika, Rabu (16/5), diruang pertemuan lantai III, Kantor Pusat Pemerintahan Kabupaten Mimika, Rabu (16/5).

Padahal, menurut dia, kualitas jangkauan penggunaan radio SBB hingga ke semua wilayah pedalaman Mimika tergolong bagus. Sehingga, untuk selanjutnya, bukan lagi menggunakan radio SBB melainkan menggunakan radio repeater, karena berdasarkan usulan dari TNI-Polri yang bertugas di wilayah pedalaman, radio repeater lebih berkualitas dan mudah dipakai oleh setiap penggunanya.

Sedangkan Kepala Dinas Kominfo Mimika, Dionisius Mameyao mengatakan, sistim komunikasi dalam tata pemerintahan Kabupaten Mimika saat ini mengalami  kendala, hal itu karena alat komunikasi untuk wilayah-wilayah terluar tidak dapat difungsikan.

“Saat ini komunikasi kami khusus di pemkab sedang mengalami kendala, karena fungsi radio SBB di 18 distrik hingga saat ini hanya dua distrik yang aktif, yakni di Jila dan Hoya. Terpaksa komunikasi itu dilakukan dengan meminjam SBB milik TNI dan Polri yang bertugas di pedalaman. Karena itu, untuk kedepanya kami berupaya untuk melakukan pengadaan kembali ke semua distrik yang mengalami kendala itu,” kata Dionisius dalam kesempatan yang sama. (Acik)
Bagikan ke Google Plus Bagikan ke WhatsApp

0 komentar:

Post a Comment